Headlines News :
Home » » Wabah Corona Hantam Bisnis Airy dan OYO

Wabah Corona Hantam Bisnis Airy dan OYO

Written By Info Breaking News on Jumat, 08 Mei 2020 | 13.46



Samarinda, Info Breaking News – Di tengah persaingan bisnis yang makin ketat, dampak pandemi Covid-19 pun dirasakan makin menambah beban sejumlah perusahaan.

Hal ini seperti yang dirasakan oleh dua bisnis hotel murah, OYO dan Airy. Berdasarkan laporan Deal Street Asia, Airy akan menghentikan semua layanannya di Indonesia pada 31 Mei 2020. Langkah ini menyusul semakin sulitnya kondisi industri pariwisata, termasuk perhotelan di tengah wabah corona saat ini.

Bisnis yang berdiri tahun 2015 silam tersebut telah mengumumkan keputusan penghentian bisnis ini kepada mitra hotel mereka. Menurut sebuah dokumen internal yang didapatkan Deal Street Asia, Airy telah melayangkan pemberitahuan kepada para mitra hotel terkait pemutusan kerja sama sepihak yang akan efektif mulai 31 Mei 2020.

Dalam dokumen tersebut tertulis bahwa keputusan untuk menghentikan kegiatan operasional secara permanen diambil Airy, karena pandemi COVID-19 telah memberikan pukulan langsung bagi industri pariwisata.

Sementara itu, seorang karyawan dari manajemen OYO yang namanya enggan disebutkan, mengaku dirinya diminta mengambil cuti di tengah masa work from home (WFH). Meski begitu, tidak dijelaskan secara rinci mengenai alasan mengapa ia dirumahkan.

"Pertama di-email lalu sehari kemudian ditelepon suruh ikut meeting dengan manajemen dan HR. Tiba-tiba pas telepon tadi hanya HR aja. Kriteria (yang dirumahkan) enggak dijelasin secara spesifik, cuma dibilang terpilih. Selama ini disebutnya gara-gara COVID-19 pendapatan menurun 20 persen," tuturnya.

Kebijakan OYO merumahkan karyawannya berlangsung sejak pertengahan April lalu. Hingga kini tidak jelas berapa lama kebijakan tersebut akan diterapkan. Sumber hanya mengatakan dirinya dan rekan-rekan bakal diberikan insentif Rp 1,5 juta per bulan.

Tak hanya merumahkan karyawan, OYO juga dilaporkan menunggak refund kepada lebih 200 mitranya. Padahal mereka telah mengembalikan dana ke pelanggan yang
membatalkan pesanan hotel.

Terkait hal ini, redaksi telah mencoba menghubungi manajemen OYO namun yang bersangkutan enggan memberi komentar. *** Lisa Afrida F. 


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved