Headlines News :
Home » » Solusi Ekonomi Hadapi Pandemi Corona

Solusi Ekonomi Hadapi Pandemi Corona

Written By Info Breaking News on Selasa, 12 Mei 2020 | 06.42

Dahlan Iskan , Mantan menteri BUMN
Jakarta, Info Breaking News - Awalnya pandemi Corona (Covid-19) yang hanya merupakan issu di dunia kesehatan namun juga berdampak sangat memprihatinkan di bidang ekonomi .Namun, menurut Dahlan Iskan mantan Menteri BUMN memang pandemi tersebut berkontribusi memperparah krisis ekonomi yang terjadi.“Ibarat orang yang sudah jalan sempoyongan kemudian ditinju. Pukulan berat ini membuat bangsa ini menjadi semakin sulit untuk menuju kemandirian ekonomi,” ungkap dia dalam diskusi Webinar Nasional bertajuk Momentum Menuju Kemandirian Ekonomi yang diselenggarakan oleh Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia akhir pekan lalu.
Dulu di akhir-akhir Orde Baru Indonesia sudah hampir menjadi negara industrialis yang mandiri dalam melakukan aktivitas produksi dalam negeri. Namun, setelah orde Reformasi kondisinya berubah sehingga membuat kebanyakan pengusaha lebih suka hanya menjadi distributor produk-produk luar negeri terutama dari Tiongkok, ujarnya
Menurut dia, kemandirian ekonomi hanya dapat diperoleh jika kegiatan produksi dilakukan sendiri di dalam negeri dan tidak terlalu mengandalkan bahan baku dari luar negeri. Dahlan juga menambahkan bahwa sebetulnya tidak menjadi masalah jika Indonesia menjadi market produk-produk luar negeri, selama Indonesia juga memiliki produk-produk unggulan yang kompetitif untuk dipasarkan ke luar negeri.
Dahlan mencontohkan dalam hal perdagangan dengan Tiongkok, Indonesia sebaiknya lebih fokus bermain di produk-produk perkebunan terutama buah-buahan tropis seperti durian, manggis, rambutan, pisang dan alpukat. “Indonesia boleh saja dibanjiri oleh barang-barang Tiongkok. Namun Indonesia juga harus membanjiri Tiongkok dengan produk-produk perkebunan tersebut,” ujar Dahlan.
Dia menyarankan agar selama dan pasca pandemi Covid-19, Indonesia lebih memfokuskan diri membangun kemandirian ekonomi di sektor pertanian dan perkebunan.

Sementara itu Prof Didik Rachbini memberikan kritik yang cukup keras terhadap gaya penanganan dan penanggulangan pandemi COVID-19 yang dilakukan oleh pemerintah.

Didik menyarankan untuk memperhatikan tiga hal, yakni pasar, negara dan sifat altruisme warga. Menurutnya, ketiga hal tersebut memiliki peran yang paling utama bagi kehidupan masyarakat selama masa pandemi. Dalam hal ini, aktivitas pasar harus tetap dijalankan, namun dengan menggeser medianya dari infrastruktur fisik menjadi infrastruktur digital. Normalitas baru akan berkonsekuensi pada efisiensi dalam kegiatan ekonomi.*** Candra Wibawanti

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved