Headlines News :
Home » , » Peduli Kasih Alumni FH UKSW Bantu Mahasiswa yang Terdampak Wabah Covid-19

Peduli Kasih Alumni FH UKSW Bantu Mahasiswa yang Terdampak Wabah Covid-19

Written By Info Breaking News on Rabu, 06 Mei 2020 | 21.18

Bantuan bahan makanan untuk mahasiswa FH UKSW

Salatiga, Info Breaking News - Mengapa kita membantu orang lain? Karena kita telah mendapatkan kemurahan dan karena Tuhan mengajarkan kepada kita untuk saling menolong. Dengan demikian sesungguhnya membantu orang lain adalah salah satu bentuk ucapan syukur atas karunia Tuhan di dalam hidup kita. Kurang lebih inilah yang menjadi dasar filosofis lahirnya program PEDULI KASIH ALUMNI FH UKSW (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga). 

Kepedulian alumni FH UKSW ini ditujukan secara khusus kepada mahasiswa FH UKSW yang mengalami kesulitan sebagai dampak dari bencana nasional non-alam covid19.

Pada pertengahan April 2020, program ini dimulai dengan melakukan penggalangan dana yang publikasinya hanya dilakukan melalui grup pada aplikasi whatsapp. Seperti dapat diduga, beberapa alumni segera memberikan tanggapan dengan melakukan transfer donasi ke rekening yang ditunjuk. Program PEDULI KASIH ALUMNI FH UKSW yang dimotori oleh Dr. Umbu Rauta; Slamet Luwihono, SH.; Indra Budiman, SH., M.Hum; Christiana Tri Budhayati, SH., MHum; Indirani Wauran SH., MH.; dan Ninon Melatyugra, SH., MH. ini diikuti pula oleh alumni-alumni yang lain sehingga dalam waktu sekitar dua minggu telah terkumpul sejumlah dana yang cukup untuk membantu mahasiswa FH UKSW yang benar-benar membutuhkan bantuan.

Program PEDULI KASIH ALUMNI FH UKSW diwujudkan kedalam dua bentuk bantuan yaitu bantuan pembayaran uang kuliah mahasiswa FH UKSW dan bantuan bahan makanan untuk mahasiswa FH UKSW. Kedua bentuk bantuan ini dimaksudkan agar alumni sedikit membantu dalam kelancaran studi mahasiswa FH UKSW.

Bentuk bantuan yang pertama diawali dengan penjaringan mahasiswa yang membutuhkan bantuan pembayaran uang kuliah yang dilakukan melalui wali studi. Selanjutnya dilakukan verifikasi data dan konfirmasi ke orang tua mahasiswa mengenai kondisi yang dialami sebagai dampak dari bencana nasional non alam Covid-19. Pada akhirnya diperoleh sejumlah 16 mahasiswa yang benar-benar membutuhkan bantuan pembayaran uang kuliah.

Kemudian pada tanggal 5 Mei 2020 telah dilakukan pembayaran uang kuliah mahasiswa tersebut secara langsung ke rekening UKSW. Penyerahan bantuan dengan cara simbolik sengaja tidak dilakukan untuk mendukung program pemerintah #dirumahaja #physicaldistancing dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu dengan cara pembayaran langsung ke rekening UKSW akan mempersingkat alur penyerahan bantuan sesuai dengan peruntukannya.

Bantuan pembayaran uang kuliah untuk Mahasiswa FH UKSW
“Kepedulian alumni FH UKSW semoga dapat membantu kelancaran studi mahasiswa FH UKSW. Pada gilirannya, semua orang akan berkesempatan untuk saling menolong,” harap Indirani Wauran yang juga dosen di FH UKSW.

Sedangkan bentuk bantuan yang kedua yaitu bantuan bahan makanan kepada mahasiswa FH UKSW. Pemberian bantuan bahan makanan ini diawali dengan adanya seorang alumni yang memberikan bantuan dalam bentuk barang berupa 50 kg beras dan 10 kg telur.

“Untuk bantuan makanan masih terus berlanjut (direncanakan) sampai bulan Juni atau Juli 2020. Bantuan setiap dua minggu sekali. Pemberian secara berkala diharapkan dapat membantu mahasiwa membuat perencanaan dalam mengelola keuangan yang dimiliki,” ujar Umbu Rauta.

Ketika ditanya akankah diadakan penggalangan donasi tahap 2, Umbu mengatakan terbuka bagi alumni yang tergerak hatinya untuk memberikan bantuan. “Tentu masih dibuka kesempatan bagi alumni yang ingin memberikan bantuan berupa barang maupun dana untuk membantu mahasiswa FH UKSW,” terang Umbu.

Sesuatu yang menarik ditemukan dalam konfirmasi dan verifikasi data mahasiswa FH UKSW adalah adanya kejujuran dan kebaikan sifat mahasiswa yang ditunjukkan dengan penolakan untuk diberikan bantuan dan meminta agar bantuan diberikan untuk teman lain yang lebih membutuhkan. Hal ini memberikan harapan bahwa lulusan FH UKSW memiliki mentalitas yang baik. Pada akhirnya mari kita berdoa dan berharap Covid-19 segera berakhir. ***Vincent Suriadinata

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved