Headlines News :
Home » » Lebih dari 100 Pengendara Kendaraan Bermotor Dipulangkan karena Langgar Peraturan PSBB

Lebih dari 100 Pengendara Kendaraan Bermotor Dipulangkan karena Langgar Peraturan PSBB

Written By Info Breaking News on Minggu, 17 Mei 2020 | 11.26



Cianjur, Info Breaking News – Hingga Minggu (17/5/2020) dini hari tadi, sebanyak lebih dari seratus pengendara kendaraan bermotor di perbatasan Puncak Pass-Bogor dipulangkan karena melanggar peraturan PSBB parsial yang diterapkan di Jawa Barat.

Sebagian besar dari mereka yang dipulangkan didapati tidak mampu menunjukkan izin atau surat keterangan sehat dari pihak berwenang. Tidak sedikit dari mereka yang beralasan datang ke Puncak hanya untuk berjalan-jalan dan mencari makan. Setelah melewati pemeriksaan kesehatan dan peringatan, para pengendara dan penumpangnya dikembalikan ke daerah asal mereka.

Perwira piket Pos Pam Puncak Pass, Cianjur AKP Irwan Alexander mengatakan sejak pagi hingga dini hari, lebih dari 100 kendaraan yang tidak jelas tujuannya ke wilayah hukum Cianjur telah dipaksa balik ke tempat semula, termasuk pengendara tujuan mudik jarak jauh seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur lantaran tidak dapat menunjukan surat rekomendasi dan jumlah penumpang lebih.

"Setelah menjalani pemeriksaan suhu tubuh, mereka yang melanggar aturan PSBB kami kembalikan ke daerah asalnya masing-masing, terlebih pendatang yang bertujuan ke tempat wisata atau berdalih hanya mencari makan ke Cipanas," kata Irwan.

Memasuki H-7 lebaran, volume kendaraan yang melintas di jalur ini meningkat secara signifikan. Menanggapi hal ini, petugas gabungan pun memperketat pemeriksaan dan penyekatan selama 24 jam sebagai upaya memutus rantai Covid-19. Hingga saat ini, masih banyak penguna jalan yang nekat menerobos pemeriksaan dan tak mematuhi larangan selama PSBB parsial diterapkan.

"Kami menerapkan sanksi tegas bagi mereka yang tidak mematuhi peraturan PSBB. Selama pemberlakuan pembatasan hingga lebaran nanti penyekatan di perbatasan akan terus ditingkat sebagai upaya maksimal memutus rantai penyebaran Covid-19," tegasnya.

Sementara selama penyekatan berlangsung hingga Mingu dini hari, petugas menemukan puluhan pengendara yang suhu tubuhnya di atas rata-rata. Mereka segera dikembalikan ke daerah asal dan diminta sehingga segera memeriksakan kesehatan ke pusat layanan kesehatan terdekat

"Mereka yang terdata memiliki suhu tubuh tidak normal mencapai 82 orang hingga dini hari ini. Mereka kami kembalikan ke daerah asal dan dianjurkan untuk memeriksa kesehatan sebagai antisipasi," kata Rudi dari Dinas Kesehatan Cianjur.

Para pengendara ini tidak dapat berbuat banyak dan sebagian besar menuruti permintaan petugas, namun sebagian di antaranya ada juga yang mengelabui petugas dengan cara turun dari kendaraan dan berjalan kaki menuju arah Cianjur atau tancap gas menghindari hadangan petugas. ***Irdan

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved