Headlines News :
Home » » Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Indonesia Jadi yang Terburuk se-ASEAN

Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Indonesia Jadi yang Terburuk se-ASEAN

Written By Info Breaking News on Minggu, 24 Mei 2020 | 12.05



Jakarta, Info Breaking News – Ketika negara ASEAN lainnya menunjukkan grafik menurun, dalam sepekan terakhir angka positif Covid-19 di Indonesia justru meningkat hingga 24,15 persen. Angka ini menjadikan Indonesia sebagai negara terburuk di ASEAN dalam penanganan Covid-19.

Kondisi ini adalah bukti bahwa Indonesia masih harus berjuang lebih untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Harapan masyarakat dan pelaku bisnis agar pembatasan sosial berkala besar (PSBB) di DKI Jakarta dan sejumlah segera diakhiri masih harus menunggu pembuktian dua-tiga pekan ke depan.

Setelah mencapai rekor tertinggi pada Rabu (20/5/2020) hingga Kamis (21/5/2020), pukul 12.00 WIB, angka penduduk Indonesia yang terdeteksi positif Covid-19 masih tetap tinggi, yakni 634 kasus baru pada Kamis-Jumat, dan kembali melonjak 949 kasus pada Jumat-Sabtu. Kondisi ini memprihatinkan karena terjadi saat negara-negara tetangganya mulai menunjukkan tren penurunan jumlah kasus baru harian Covid-19.

Jumlah kasus di Indonesia per harinya pun kini sudah melampaui negara tetangga Singapura, yang saat ini masih memegang rekor kasus terbanyak di Asia Tenggara dengan 30.426 kasus. Bahkan Filipina yang pertumbuhan jumlah kasus hariannya pada Maret lalu jauh melampaui Indonesia pun kini menunjukkan tren mendatar.

Untuk Malaysia sendiri, data menunjukkan negeri jiran sudah melewati puncak kasus Covid-19 awal April lalu. Sementara Thailand hanya melaporkan sekitar dua atau tiga kasus per hari belakangan ini meskipun pada puncaknya sempat melaporkan lebih dari 150 kasus dalam satu hari.

Jumlah kasus baru di Vietnam sekarang hanya bertambah satu atau dua kasus dan negara tersebut mulai membuka restriksi ekonominya. WHO pun memuji langkah negeri bersistem satu partai tersebut yang secara berani menutup ekonominya, membatasi pergerakan orang, dan melakukan tes dan karantina besar-besaran saat kasus Covid-19 baru muncul di negara tersebut. ***Rina Triana.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved