Headlines News :
Home » » Ini Syaratnya Mahasiswa Bisa Minta Keringanan Uang Kuliah.

Ini Syaratnya Mahasiswa Bisa Minta Keringanan Uang Kuliah.

Written By Info Breaking News on Rabu, 13 Mei 2020 | 04.45

Saat mahasiswa ujian masuk PTN
Jakarta, Info Breaking News - Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Jamal Wiwoho menyatakan bahwa mahasiswa yang kondisi perekonomian keluarganya terdampak pandemi Covid-19 dapat mengajukan permohonan keringanan besaran uang kuliah tunggal (UKT).
Kebijakan ini sendiri berlaku bagi mahasiswa yang mengenyam pendidikan pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
“Nantinya keringanan UKT akan dipertimbangkan dan diputuskan oleh pimpinan PTN melalui beberapa opsi, yaitu pembebasan sementara, pengurangan, pergeseran klaster, pembayaran mengansur, dan penundaan pembayaran UKT,” kata Jamal dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (5/5/2020).
“Jadi keputusan bentuk keringanan UKT antara mahasiswa satu dengan lainnya akan berbeda,” tambahnya.
Menurut Jamal yang juga adalah rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), untuk mendapatkan keringanan UKT ini, mahasiswa terlebih dahulu mengajukan permohonan ke dekan. Kemudian dekan akan membawa permohonan itu untuk dirapatkan bersama para pimpinan kampus.
“Permohonan dari mahasiswa harus disertai bukti atau dokumen, antara lain surat keterangan pemutusan hubungan kerja atau surat keterangan meninggal dunia,” jelasnya.
Sebelumnya diketahui, keringanan UKT ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 39 Tahun 2017.

Jamal menyatakan saat ini adalah saat paling tepat untuk para petinggi universitas untuk mendengar suara mahasiswa. Dan mereka juga seharusnya telah mengetahui, bahwa ini bukan hanya 'diskon' uang UKT, tapi juga perkara kemanusiaan.*** Jeremy Foster S
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved