Headlines News :
Home » » 2020 Kereta Api Kalimantan Timur Bakal Beroperasi

2020 Kereta Api Kalimantan Timur Bakal Beroperasi

Written By Info Breaking News on Kamis, 28 Mei 2020 | 05.47

Rel Kereta api di Samarinda Kalimantan TImur
Samarinda, Info Breaking News -Pembangunan rel kereta api Kalimantan Timur, pelabuhan, dan techno park diresmikan pada 19 November 2015 lalu. Peresmian itu dihadiri oleh Vladimir Yakunin, Presiden Perusahaan Kereta Api Rusia RZhD –Russian Railways, yang khusus datang ke Indonesia. Proyek ini dikerjakan oleh PT Kereta Api Borneo, anak perusahaan Russian Railways.
1 Januari 2020 lalu, di sela-sela acara Hari Ulang Tahun ke-63 Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, di Stadion Madya Sempaja, Samarinda, Direktur Utama PT Kereta Api Borneo, Andrey Shigaev mengatakan, kereta api Kalimantan Timur akan beroperasi pada 2020. Proyek yang dirintis sejak 2013 itu, katanya, kini sudah mulai berjalan.
‘’Dari beberapa tahapan yang sudah dilakukan, bisa saya katakan bahwa pada 2020 kereta api ini bisa beroperasi,’’ kata Andrey.
Proyek pembangunan kereta api ini menelan biaya Rp 72 triliun, dibiayai oleh investor. Kereta api ini akan mengangkut sejumlah komoditas dari Kalimantan Timur, seperti batu bara, hasil migas, dan kelapa sawit.
Panjang relnya 900 kilometer. Jalur pertama rel kereta api dimulai dari Kabupaten Kutai Barat hingga ke kawasan industri Buluminung di Kabupaten Penajam Paser Utara. Jalur kedua dibangun dari Kabupaten Kutai Kartanegara hingga kawasan ekonomi di Kabupaten Kutai Timur.
Panjang rel kereta api tersebut tersambung dari sejumlah daerah, antara lain di Kutai Barat sepanjang 80 km, Paser 40 km, Penajam Paser Utara 70 km, dan Balikpapan sepanjang 10 km.
Tenaga teknis untuk mengoperasionalkan kereta api dan jaringannya diambil dari tenaga lokal. Saat ini, PT Kereta Api Borneo bersama Pemprov Kalimantan Timur menyekolahkan 350 mahasiswa asal Kalimantan Timur untuk kuliah perkeretaapian ke Rusia. Mereka kelak bekerja di PT Kereta Api Borneo.
Menurut Juru Bicara Russian Railways, Denis Muratov, investasi Kereta Api Borneo ini menguntungkan. ‘’Kami dan bank yang membiayai merasa sangat nyaman. Seluruh investasi akan balik modal dalam waktu enam tahun,’’ kata Muratov.
‘’Kargo akan diangkut lewat rel menuju pelabuhan, dari berbagai wilayah di Kalimantan Timur yang kaya sumber daya alam dan mineral,’’ kata Muratov, sebagaimana dikutip Russian Today.
'Selama pembangunan proyek rel kereta api ini, akan diciptakan 300.000 lapangan kerja di bidang konstruksi, dan 10.000 lapangan kerja di bidang industri" ujarnya.*** Lisa AF.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved