Headlines News :
Home » » Wapres Ma‘ruf Amin Dorong MUI Haramkan Mudik Saat Pandemi Corona

Wapres Ma‘ruf Amin Dorong MUI Haramkan Mudik Saat Pandemi Corona

Written By Info Breaking News on Selasa, 07 April 2020 | 03.39

Wakil Presiden Ma'ruf Amin
Jakarta, Info Breaking News - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berencana mendorong Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mengeluarkan fatwa mudik haram di tengah pandemi Corona atau Covid-19 ini.

Hal itu disampaikannya saat mendengarkan laporan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil terkait penanganan wabah Covid-19 melalui teleconference.

"Kita sudah mendorong MUI untuk menyatakan bahwa pada saat sekarang ini, mudik itu haram hukumnya," kata Ma'ruf Amin, Jumat (3/4/2020).

Riwan Kamil yang mendengar hal tersebut pun senang. Sebab, masyarakat banyak yang mendengar pendapat dari pemuka agama.

"Ah kalau bisa fatwa ulama, masyarakat lebih dengar Pak. Karena banyak yang berdalih-dalih dengan ayat-ayat dan syariat juga. Jadi kalau MUI bisa keluarkan Fatwa, tugas saya sebagai umaroh tinggal menguatkan seperti Fatwa MUI tentang salat jumat," ungkap Kang Emil.

Dia pun menceritakan pengalamannya, saat berinisiatif soal pengaturan salat Jumat.
"Waktu saya yang berinisiatif yang nge-bully banyak Pak. Tapi setelah MUI bikin Fatwa, disebarkan, turut, diam dan mengikuti. Jadi, mohon inovasi dari Pak Wapres adalah menghasilkan fatwa yang menguatkan demi keselamatan dan menjauhi kemudaratan," kata Kang Emil.

Mendengar hal tersebut, Ma'ruf akan mencoba mendorong MUI untuk segera mengeluarkan. Karena banyak fatwa yang sudah ada saat pandemi Corona ini.
"Saya akan coba nanti supaya keluar tentang mudik," pungkas Ma'ruf Amin.

Dengan demikian, menurut dia, kalau pemerintah melarang warganya untuk pulang mudik disaat ada pandemi, boleh saja.

Ridwan Kamil mengatakan kedatangan pemudik ke daerah-daerah di Jawa Barat menambah beban pemda dalam menangani wabah COVID-19 di provinsi tersebut, termasuk juga di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta.*** Sinta Dewi

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved