Headlines News :
Home » » Tips Cuci Masker Kain ala dr. Reisa

Tips Cuci Masker Kain ala dr. Reisa

Written By Info Breaking News on Selasa, 14 April 2020 | 16.49


Jakarta, Info Breaking News – Meski dinilai sepele, namun perihal mencuci masker kain ternyata ada aturannya sendiri.

Dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan meskipun masker kain tampak sederhana, cara mencucinya tidak boleh sembarangan agar efektivitas dan kebersihannya tetap terjaga.

Untuk itu, melalui akun Instagramnya ia pun membagikan tutorial tentang cara mencuci masker kain yang benar.

Dalam tutorial tersebut, Reisa menyampaikan sejumlah hal yang perlu dipersiapkan untuk mencuci masker. Di antaranya ialah deterjen, air mengalir atau air hangat dengan suhu minimal 30 derajat Celcius, baskom, jepit, sarung tangan dapur, handuk bersih hingga jemuran pakaian.

Sebelum mencuci, pastikan tangan kita dicuci bersih menggunakan sabun. Selanjutnya, isi baskom dengan air dan tambahkan deterjen atau pemutih sesuai dengan instruksi pada kemasan. Setelah itu, larutkan detergen secara merata.

“Selanjutnya masker direndam dalam larutan dan diamkan selama 10 menit. Setelah 10 menit, tekan masker dengan lembut dan perlahan menggunakan tangan,” tuturnya.

Perlu diperhatikan bahwa kita tidak boleh mengucek masker terlalu kuat karena dapat merusak serat kain sehingga berdampak pada efektivitas masker tersebut.

Sesudah itu, bilas masker yang sudah dicuci dengan air mengalir dan pastikan tidak ada residu deterjen yang tersisa. Kemudian serap cairan berlebih di masker dengan menepuk-nepuk tiap sisi masker menggunakan handuk bersih. Selanjutnya, jemur masker di tempat yang terpapar cahaya matahari, panas, dan memiliki ventilasi udara yang baik. Usai mencuci masker, jangan lupa mencuci tangan anda kembali menggunakan sabun dan air mengalir.

Menurut Reisa, masker kain hanya bisa digunakan maksimal selama 4 jam dan harus segera dicuci setelah digunakan. Untuk itu ia menyarankan setiap orang untuk memiliki minimal 3 masker untuk menjaga sirkulasi pemakaian.

“Masker kain tidak lebih baik dari masker bedah namun tetap lebih efektif dibanding tanpa proteksi apapun terutama saat kita berada di luar rumah. Masker kain itu cukup mengurangi percikan saluran napas atau droplet dan virus corona sebanyak 71 hingga 97 persen," jelasnya. ***Candra Wibawanti
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved