Headlines News :
Home » » Tak Penuhi Aturan Kesehatan, Kanada Batal Distribusikan 1 Juta Masker KN95 dari Tiongkok

Tak Penuhi Aturan Kesehatan, Kanada Batal Distribusikan 1 Juta Masker KN95 dari Tiongkok

Written By Info Breaking News on Sabtu, 25 April 2020 | 19.34


Montreal, Info Breaking News – Badan Kesehatan Publik Kanada menyatakan 1 juta masker jenis KN95 yang diimpor dari Tiongkok tidak bisa digunakan lantaran tidak sesuai dengan spesifikasi aturan kesehatan.

Oleh karena itu, Kanada pun akhirnya tidak bisa membagikan masker penutup wajah bagi para pekerja medis yang tengah berjuan di garda terdepan dalam menghadapi virus corona.

"Barang ini tidak didistribusikan ke berbagai daerah untuk kebutuhan pekerja kesehatan," kata juru bicara Badan Kesehatan Publik Kanada, Jumat (24/4/2020).

Menanggapi hal itu, pemerintah setempat kini tengah mempertimbangkan untuk mengalihkan masker-masker tersebut untuk para pekerja non-medis.

Diketahui, masker KN95 produksi Tiongkok sendiri memiliki kemiripan dengan model N95 atau FFP2 yang umum digunakan di negara-negara Eropa.

"Kebanyakan suplai dunia diproduksi di China. Jadi memindahkan material dari negara itu sangat kompleks," ujar Menteri Pengadaan dan Layanan Umum, Anita Anand.

Kini, jutaan masker N95 maupun respirator sedang berada dalam fokus penelitian badan kesehatan setempat. Anand melanjutkan, pemerintah Kanada telah memberi kontrak bagi tiga perusahaan lain guna mempercepat produksi domestik penutup wajah maupun suplai medis lain. Dengan langkah ini, Kanada berharap dapat memproduksi setidaknya 16 juta unit pelindung wajah medis.
Dalam rilisnya, General Motors menerangkan bakal memulai produksi satu juta masker per bulan di pabrik perakitan Ottawa yang sebelumnya sempat ditutup pada Desember 2019 lalu.

Kepala serikat pekerja, Jerry Dias, mengaku senang ketika 50 mantan staf dipanggil kembali untuk membantu produksi mengingat setidaknya ada 2.000 pekerja yang kehilangan mata pencaharian mereka ketika fasilitas perakitan itu ditutup tahun lalu.

Pada awal April, Kanada menerima lebih dari 10 juta masker dan mengumumkan sudah mengajukan permintaan produksi 60 juta masker N95 tambahan. ***Nadya



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved