Headlines News :
Home » » Spotify Rajai Pangsa Pasar Music Streaming

Spotify Rajai Pangsa Pasar Music Streaming

Written By Info Breaking News on Rabu, 08 April 2020 | 07.00


Jakarta, Info Breaking News – Berdasarkan hasil riset dari Counterpoint Research yang dirilis baru-baru ini, aplikasi streaming musik Spotify berhasil menduduki peringkat pertama.

Dengan jumlah pengguna berbayar mencapai angka 358 juta, platform asal Swedia tersebut mendominasi pangsa pasar music streaming sebesar 35 persen di tahun 2019. Atas pencapaiannya, Spotify bahkan berhasil mendapat 31 persen dari total pendapatan industri streaming musik pada 2019 lalu.

Di posisi kedua, aplikasi streaming musik besutan Apple yakni Apple Music pun ikut mengalami pertumbuhan signifikan. Platform ini berhasil meraup pangsa pasar sebesar 19 persen di 2019.Angka tersebut signifikan sebesar 36 persen dari tahun sebelumnya.

"Spotify bertahan di puncak berkat serangkaian kegiatan promosi, seperti Spotify Premium untuk tiga bulan, potongan harga, kampanye yang dikustomisasi, dan fokus pada konten ekslusif," papar salah seorang periset dari Counterpoint, Abhilash Kumar.

Selain Spotify dan Apple Music, aplikasi lain yang patut diwaspadai adalah Amazon Music dan Youtube Music serta sejumlah platform yang dikelola Tencent.

Amazon Music sendiri bertengger di posisi ketiga dengan pangsa pasar 15 persen. Aplikasi di bawah naungan Tencent Music seperti QQ Music, Kugou and Kuwo menguasai 11 persen pangsa pasar sedangkan YouTube Music membuntuti di posisi ke lima dengan pangsa pasar 6 persen.

Kumar sendiri meyakini bahwa penggunaan aplikasi streaming musik akan semakin meningkat di tengah wabah corona sekarang ini. Makin banyaknya konten podcast, tersedianya berbagai promosi menjadi faktor yang mendongkrak semakin populernya industri music streaming.

Counterpoint pun memprediksi pertumbuhan platform music streaming ke depannya akan meningkat hingga 25 persen secara year-over-year (YoY) dan menembus angka 450 juta pengguna berbayar di akhir 2020 nanti. ***Jeremy

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved