Headlines News :
Home » » Mensos Beberkan Syarat Dapatkan BLT Rp 600 Ribu

Mensos Beberkan Syarat Dapatkan BLT Rp 600 Ribu

Written By Info Breaking News on Rabu, 08 April 2020 | 09.00



Jakarta, Info Breaking News – Pemerintah dipastikan akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) bagi keluarga miskin selama tiga bulan sebagai upaya meminimalisasi dampak virus corona.

“Presiden menyetujui usulan kami untuk memberikan bantuan langsung tunai atau disingkat BLT selama tiga bulan, dengan indeks juga Rp 600.000 per keluarga," kata Menteri Sosial Juliari Batubara, Selasa (7/4/2020).

Juliari menyebut penerima BLT adalah mereka yang tinggal di luar wilayah Jabodetabek. Sementara di Jabodetabek, warga miskin akan mendapat bantuan berupa sembako dengan nilai yang sama, yakni Rp 600.000 per bulan.

BLT ini, lanjut Juliari, diberikan kepada seluruh keluarga yang namanya tercatat dalam data terpadu Kemensos. Meski begitu, ia menegaskan bahwa untuk dapat menerima bantuan, maka keluarga yang bersangkutan harus memenuhi sebuah syarat. Syarat tersebut ialah belum menerima bantuan sosial (bansos) lain, seperti Program Bantuan Pangan Nontunai, Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Kartu Pra-Kerja.

Untuk pemberiannya sendiri, Julia menyebut BLT akan dibagikan mulai disalurkan bulan April ini. Guna memastikan agar BLT dapat didistribusikan secara adil dan merata, Kemensos mengaku pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani sebelumnya mengatakan bahwa ada sekitar 9 juta keluarga yang akan mendapatkan bantuan. Namun, data tersebut nampaknya harus ‘dibersihkan’terlebih dahulu.

"Di luar Jabodetabek ada 9 juta keluarga, tapi masih harus dibersihkan datanya," kata dia. *** Lisa Afrida F.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved