Headlines News :
Home » » 44 KA Jarak Jauh Dari Jakarta Dibatalkan Per 1 April 2020

44 KA Jarak Jauh Dari Jakarta Dibatalkan Per 1 April 2020

Written By Info Breaking News on Rabu, 01 April 2020 | 03.05

Perjalanan KA jarak jauh dari jakarta
Jakarta, Info Breaking News -  44 perjalanan KA jarak jauh dari Jakarta dibatalkan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI)  Daops 1 Jakarta , khususnya Stasiun Gambir, Stasiun pasar Senen dan Stasiun Jakarta Kota. Pembatalan KA tersebut dilakukan antara 1 April sampai 1 Mei 2020, atau bersamaan dengan Tanggap Darurat Corona yang ditetapkan Pemerintah. Selain, jumlah penumpang KA dari Jakarta  ke berbagai kota di Indonesia turun cukup signifikan.  
"Setelah sebelumnya disampaikan ada 28 Kereta Api (KA) yang akan batalkan mulai 1 April - 1 Mei 2020 untuk wilayah Daop 1 Jakarta. Melihat penurunan volume penumpang yang mencapai hingga 80 persen, PT KAI Daop 1 Jakarta, kembali menambahkan daftar KA Jarak Jauh yang dibatalkan perjalanannya menjadi 44 KA untuk periode yang sama (1 April - 1 Mei 2020)," kata Eva Chairunisa, Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Selasa (31/3/2020).
Menurutnya, penurunan volume penumpang sudah sejalan dengan himbauan pemerintah agar masyarakat tetap di rumah dan menunda mudik, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona Covid 19
"Secara total pada tanggal 1 April sampai 1 Mei 2020 terdapat 44 KA yang akan dibatalkan jadwal perjalanannya untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakarta Kota," kata Eva lagi.
Adapun pada waktu normal terdapat 67 jadwal perjalanan KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta, diantaranya 37 KA dari Stasiun Gambir, 27 KA Stasiun Pasar Senen dan 3 KA dari Stasiun Jakarta Kota.
Meski terdapat pengurangan jadwal, Daop 1 Jakarta memastikan bahwa jarak antar penumpang pada rangkaian kereta yang masih beroperasi tetap akan diterapkan melalui pengaturan oleh petugas. 
Pengaturan dapat dilakukan karena volume penumpang yang ada pada satu rangkaian saat ini tidak banyak, bahkan mayoritas ada yang berangkat hanya dengan 20 sampai 30 penumpang. dipastikan dalam satu rangkaian yang diberangkatkan okupansi penumpang tidak akan melebihi 50 persen.
Sebagai gambaran volume penumpang dalam satu hari untuk Stasiun Gambir pada waktu normal dapat mencapai hingga 15 ribu penumpang, namun untuk saat ini total jumlah penumpang per hari berkisar sekitar 1000 orang untuk keberangkatan.
Sementara Stasiun Pasar Senen dari rata volume penumpang yang dapat mencapai sekitar 17 ribu penumpang, saat ini total jumlah penumpang per hari berkisar sekitar 4.000 orang untuk keberangkatan.
Setelah sebelumnya 28 perjalanan KA Jarak Jauh dibatalkan, PT KAI Daop 1 Jakarta menambah kembali jadwal perjalanan KA yang dibatalkan menjadi 44 KA untuk periode yang sama per 1 April 2020 hingga 1 Mei 2020.*** Candra Wibawanti 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved