Headlines News :
Home » » Tiongkok Bakal Cabut Lockdown Wuhan 8 April Mendatang

Tiongkok Bakal Cabut Lockdown Wuhan 8 April Mendatang

Written By Info Breaking News on Selasa, 24 Maret 2020 | 16.55


Wuhan, Info Breaking News – Kanto berita Xinhua melaporkan pemerintah Tiongkok siap mencabut lockdown terhadap Wuhan, kota yang menjadi sumber wabah virus corona pada 8 April mendatang.

Otoritas kesehatan Provinsi Hubei dikabarkan mengeluarkan serangkaian aturan baru yang meringankan, salah satu di antaranya adalah dengan memperbolehkan transportasi untuk kembali beroperasi di Wuhan.

Berdasarkan laman resmi pemerintah Hubei, warga di Wuhan akan diizinkan keluar dari kota bahkan meninggalkan Hubei. Hal itu dilakukan lantaran dinas kesehatan setempat tidak mengonfirmasi adanya kasus infeksi domestik virus corona dalam lima hari terakhir.
Ini merupakan suatu perkembangan yang signifikan sejak 19 Maret lalu dimana wabah tersebut menginfeksi lebih dari 81.000 orang dan menelan korban jiwa hingga 3.277 orang di seluruh Tiongkok.

Diketahui, pada 23 Januari lalu pemerintah pusat memberlakukan peraturat ketat terhadap Wuhan dengan menerapkan lockdown sebelum akhirnya menutup seluruh akses di Hubei.

Kebijakan itu menyetop transportasi darat dan udara, membatasi setiap perjalanan dengan mobil, dan menempatkan total 60 juta dalam karantina. Sejumlah kritik menyebut langkah ini merupakan bentuk kegagalan pemerintah karena tidak bertindak cukup cepat untuk menghentikan penyebaran.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) percaya kebijakan tersebut mungkin telah mencegah ratusan ribu infeksi lainnya. Namun, pada kenyataannya kebijakan tersebut justru membuat Hubei menjadi wilayah dengan angka mortalitas tertinggi dibanding kawasan lainnya.

Selanjutnya, pada 10 Maret, Presiden Xi Jinping mengunjungi ibu kota Hubei untuk pertama kalinya. Hal ini disebut-sebut sebagai tanda bahwa Beijing bisa mengatasi virus tersebut. Kendati demikian, Bloomberg (24/3/2020) menilai dengan wabah corona yang gencar menghantam Eropa dan belahan bumi lainnya, akan sulit bagi Tiongkok untuk melanjutkan aktivitas ekonomi mereka. ***Rina Trian
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved