Headlines News :
Home » » Hand Sanitizer Melindungi Tidak Lebih dari 5 Menit

Hand Sanitizer Melindungi Tidak Lebih dari 5 Menit

Written By Info Breaking News on Jumat, 13 Maret 2020 | 11.13



Jakarta, Info Breaking News – Ketakutan warga terkait penyebaran virus corona di sejumlah negara sempat membuat stok cairan pembersih tangan (hand sanitizer) menipis bahkan terjual habis. Hal tersebut dikarenakan mereka percaya bahwa hand sanitizer dapat mencegah penularan virus corona.

Namun, yang jarang diketahui adalah berapa lama hand sanitizer dapat bertahan dalam mencegah bakteri, terlebih virus. Berdasarkan sebuah penelitian, hand sanitizer sesungguhnya hanya bisa ‘membebaskan’ sang pengguna dari bakteri maupun virus selama satu atau dua menit saja. Selanjutnya, harus dipakai kembali jika dibutuhkan.

Kendati demikian, Direktur Mikrobiologi Klinis dan Imunologi di NYU Langone Medical Center, seperti dikutip Reader’s Digest, Kamis (12/3/2020) menyatakan bahwa hand sanitizer lebih baik digunakan daripada tidak sama sekali.

"Tetapi yang lebih baik Anda lakukan adalah mencuci tangan dengan sabun dan air," kata Dr. Le Horovitz.

Sebelumnya, sebuah studi pada 2010 menemukan bahwa karyawan yang menggunakan hand sanitizer mengandung alkohol setidaknya lima kali sehari berisiko lebih besar terkena penyakit dibandingkan mereka yang hanya mencuci tangan seperti biasa.

Selanjutnya di tahun 2016 Administrasi Makanan dan Obat-obatan mengangkat masalah keamanan di sekitar hand sanitizer dan meminta lebih banyak bukti ilmiah untuk membuktikan bahwa keduanya aman dan efektif. ***Candra Wibawanti



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved