Headlines News :
Home » » Facebook dan Instagram Bakal Kurangi Kualitas Video

Facebook dan Instagram Bakal Kurangi Kualitas Video

Written By Info Breaking News on Senin, 23 Maret 2020 | 22.39



Jakarta, Info Breaking News – Facebook dilaporkan bakal mengikuti jejak Netflix untuk mengurangi kualitas video yang ada di platformnya maupun di Instagram bagi para pengguna di Eropa.

Hal ini menyusul kebijakan work from home (WFH) akibat dampak dari penyebaran virus corona. Facebook menyebut pihaknya berupaya untuk mengurangi meningkatnya permintaan jaringan akibat banyak warga yang odisarankan untuk beraktivitas di rumah selama pandemik Covid-19 ini.

Juru bicara perusahaan, Senin (23/3/2020) mengatakan baik Facebook maupun Instagram akan mengurangi bitrate video di Benua Biru untuk sementara guna membantu para rekanananya mengatur bandwidth sehingga layanan mereka tetap dapat berjalan normal. 

"Untuk membantu mengurangi potensi kepadatan jaringan, kami akan mengurangi bitrates video di Facebook dan Instagram di Eropa untuk sementara waktu," ungkapnya.

Kendati demikian, ia memastikan layanannya akan tetap berjalan normal. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kebijakan ini dinilai masuk akal lantaran pengguna Facebook maupun Instagram di Eropa terhitung cukup banyak. Laporan terakhir pada pertengahan 2019 mencatat Facebook memiliki pengguna harian 288 juta di Eropa.

Berbekal jumlah pengguna yang makin besar ditambah kebijakan untuk beraktivitas di rumah, wajar ada kemungkinan mereka akan lebih banyak mengakses media sosial, termasuk Facebook dan Instagram.

Sementara itu, Netflix dan Youtube disebut akan membatasi kualitas streaming di Eropa selama 30 hari guna menghindari clogging di server dan peningkatan tagihan listrik. Hal ini dilakukan sesuai dengan arahan pihak Eropa.

Netflix diungkapkan akan mengurangi konsumsi data sebesar 25 persen, tapi pengguna tetap akan mendapatkan kualitas gambar cukup bagus. Disebutkan, biasanya satu jam video streaming di versi standar (480p) mengonsumsi sekira 1GB data, sedangkan HD bisa mencapai 3GB per jam.

YouTube mengatakan telah terjadi beberapa puncak peningkatan, tapi memutuskan untuk mengambil langkah lebih dahulu dan meminimalkan tekanan pada sistem. YouTube disebut untuk sementara mengalihkan semua trafik di Uni Eropa ke versi standar secara default.

Kedua perusahaan mengungkapkan rencana mereka setelah melakukan panggilan telepon dengan European Commissioner untuk Internal Market, Thierry Breton. Thierry mengapresiasi kedua perusahaan dan mengatakan mereka mengambil tindakan sangat cepat. Breton menilai langkah ini akan menjaga kelancaran fungsi internet selama krisis Covid-19. *** Lisa Afrida F.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved