Headlines News :
Home » » Perkuat 'Benteng' Pendidikan, UT Kukuhkan 3 Guru Besar

Perkuat 'Benteng' Pendidikan, UT Kukuhkan 3 Guru Besar

Written By Info Breaking News on Rabu, 12 Februari 2020 | 14.06



Tangerang, Info Breaking News – Universitas Terbuka (UT) hari Selasa (11/2/2020) kemarin mengukuhkan tiga guru besar di UT Convention Center, Tangerang.

Ketiga guru besar tersebut ialah Profesor dalam bidang Ilmu Pendidikan IPS, Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd; Profesor dalam bidang Ilmu Teknologi Pendidikan, Prof. Dr. Suciati, M.Sc; dan Profesor dalam bidang Ilmu Manajemen, Prof. Dr. Ginta Ginting, S.E., MBA.

Rektor UT Ojat Darojat menyampaikan bahwa guru besar dapat dianggap sebagai benteng dari perguruan tinggi karena mereka menjaga kewibawaan dan kualitas akademik. Untuk itu, setiap tahunnya UT berkomitmen untuk mencetak lima guru besar. Hal tersebut didukung dengan adanya program akselerasi guru besar yang dijalankan sesuai dengan arahan dari Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud).

"Semakin banyak guru besar yang diproduksi, maka akan meningkatkan kewibawaan akademik khususnya di UT sebagai pelopor pendidikan tinggi jarak jauh di Indonesia," kata Imam Farisi.
Dalam program akselerasi ini, salah satu langkah penting yang diambil UT berkaitan dengan pengembangan bidang penelitian.
"Bidang penelitian, sebagai bagian dari tri darma, menjadi salah satu kriteria penting di program akselerasi ini. Khususnya pada riset yang terindeks database jurnal internasional Scopus," tutur Ginta. 
Sementara itu, Suciati menilai selain fokus pada penambahan guru besar, peningkatan kualitas pelayanan pendidikan juga berperan penting.
"Kita saat ini dihadapkan dengan tantangan kita harus menghasilkan lulusan yang mampu berkontribusi di zamannya masing-masing. Sebagai seorang guru besar, kita perlu mendorong pengajar lainnya untuk terus berinovasi dan mencari cara-cara terbaik dalam mengelola pembelajaran agar mereka siap menjadi warga negara yang produktif," pungkasnya. ***Radinal

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved