Headlines News :
Home » » Mengatasi Maag Secara Alami, Aman dan Ampuh

Mengatasi Maag Secara Alami, Aman dan Ampuh

Written By Info Breaking News on Minggu, 23 Februari 2020 | 22.33



1. Mentimun
Mentimun merupakan salah satu jenis buah-buahan sekaligus sayuran yang dapat mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan asam lambung atau maag. Anda bisa mengonsumsinya langsung sebagai lalapan, dimasak menjadi aneka sayur, serta dijadikan jus.
2. Kacang Hijau
Kacang hijau memiliki kemampuan mengobati sakit maag lantaran mampu menebalkan lapisan lambung. Anda bisa mengolahnya menjadi bubur kacang hijau. Makanan ini juga akan menetralkan kadar asam lambung berlebih.
3. Kunyit
Kunyit merupakan bahan dapur yang banyak digunakan sebagai jamu tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk maag. Kunyit dapat membantu masalah pada lambung.
Kandungan Curcumin pada kunyit berperan sebagai antiinflamasi, antijamur, dan antibakterial. Senyawa tersebut akan menenangkan mukosa pada lambung dan mengatasi iritasi saluran pencernaan yang disebabkan maag.
4. Jahe
Sama halnya dengan kunyit, jahe juga merupakan bumbu dapur yang banyak digunakan sebagai obat-obatan herbal. Sifat hangat dalam jahe mampu mengatasi permasalahan pada lambung seperti maag.
Kandungan anti inflamasi dan anti bakteri dalam jahe dapat mengurangi peradangan dan bakteri penyebab maag. Jahe juga akan menghangatkan perut dan menetralkan kadar asam lambung.
Anda bisa mengonsumsinya dengan diolah menjadi wedang jahe. Caranya, Anda bisa siapkan 1-2 siung jahe dan digeprek. Kemudian, geprekan jahe tersebut direbus hingga mendidih. Setelah itu, minumlah rebusan jahe dalam keadaan hangat kuku. Anda bisa menambah madu sebagai pemanis.
5. Teh Hijau
Teh hijau bisa menjadi alternatif obat maag alami. Kandungan antioksidan dalam minuman ini akan melindungi lapisan lambung dan mengurangi gejala-gejala maag seperti mual dan sakit kepala.
6. Yogurt
Yogurt merupakan olahan susu yang mengandung probiotik. Kandungan ini dapat menyembuhkan luka atau iritasi dalam lambung dan membasmi bakteri penyebab nyeri maag.
7. Madu
Madu terkenal sejak zaman dahulu sebagai obat alami yang mampu mengatasi berbagai penyakit, termasuk maag. Madu memiliki kandungan yang mampu membunuh bakteri jahat karena bersifat anti bakteri, anti inflamasi, dan antioksidan.
8. Oatmeal
Biasa digunakan untuk makanan diet, oatmeal merupakan biji-bijian sehat kaya akan serat dan mineral yang dapat mengatur pencernaan dengan baik, serta kadar alkalinya dapat mengatasi peradangan di lambung.
Konsumsi oatmeal setiap pagi sebagai sarapan. Kamu bisa melarutkan oatmeal menggunakan air atau susu, lalu menambahkan buah-buahan seperti pisang, apel, dan buah-buah lain yang tidak bersifat asam. 
9.Jus Air Kentang
Jus air kentang dapat digunakan untuk mengobati maag secara alami karena kandungan garam alkalinya. Garam alkali dalam air kentang akan bereaksi dengan asam lambung yang berlebih dalam lambung dan juga mengurangi peradangan lapisan lambung.
Kupas 2 kentang, lalu cuci sampai bersih. Ketika sudah bersih, parut dan peras air jus dari hasil parutan.
Tuangkan sampai setengah gelas lalu campur dengan air hangat, setelah itu minum ± 30 menit sebelum makan.Kamu bisa minum campuran jus air kentang ini dua kali sehari.
10.Air Kelapa 
Baik air kelapa hijau atau minyak kelapa dapat menyembuhkan maag. Air kelapa memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat mengatasi rasa panas dan melindungi lapisan lambung ketika maag sedang kambuh.
Sedangkan minyak kelapa mengandung antioksidan yang dapat mengurangi stres pada lapisan lambung karena maag.
Kamu bisa mengkonsumsi air kelapa setiap hari. Selain menyegarkan, peradangan karena maag juga akan sembuh secara perlahan.
Untuk minyak kelapa, disarankan untuk mengkonsumsi 2 sampai 3 sendok teh setiap harinya—bisa secara langsung atau dengan dicampurkan ke makananmu.
11. Sari Lidah Buaya
Selain baik digunakan untuk skin care, ternyata cairan lidah buaya juga manjur untuk mengobati maag. Karena kandungannya yang dapat meredakan iritasi di lambung, pembengkakkan lapisan lambung, dan juga menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.
Saran penyajian jus lidah buaya adalah dengan mencampurkan 2 sendok teh gel lidah buaya segar (langsung dari tanamannya) dengan satu gelas air putih. Obat maag alami dari tumbuhan ini dapat diminum dalam dosis 1-2 gelas setiap harinya.
12.Nanas
Nanas memang dikenal sebagai buah yang asam, tetapi jika sudah benar-benar matang, buah ini justru bisa mengobati maag kamu secara alami.
Kandungan enzim pencernaan dalam nanas dapat membantu proses pencernaan protein tanpa membuat iritasi, dan sifatnya yang basa dapat mencegah peningkatan asam dalam lambung.
Konsumsi nanas setiap hari baik secara langsung ataupun dijadikan jus, bisa juga dicampur dengan makanan lain yang baik untuk maag seperti yogurt dan madu.
Perlu diingat bahwa untuk penderita maag, nanas yang dikonsumsi harus benar-benar matang ya, Toppers.
13.Pisang
Pisang yang enak rasanya ini ternyata juga berkhasiat untuk mengobati maag. Buah pisang memiliki sifat anti bakteri yang dapat menghambat tumbuhnya bakteri penyebab sakit maag.
Pisang juga dapat menurunkan kadar asam lambung sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita maag. Makanlah buah pisang yang sudah matang sekitar dua atau tiga buah setiap hari untuk mengobati sakit maag yang Anda derita.
14. Bawang Putih
Bawang memang memiliki aroma yang tak sedap. Namun bawang putih merupakan bumbu masak yang mampu membuat masakan semakin lezat. 
Selain itu, ternyata bawang putih juga bisa mengobati maag secara alami.Bawang putih memiliki beberapa kandungan yang mampu menjaga pencernaan. 
Cara penggunaannya yaitu dengan memarut beberapa siung bawang putih kemudian dicampur dengan satu gelas air hangat untuk diminum.
Agar sakit maag yang diderita cepat sembuh, sebaiknya lakukan cara ini secara rutin.



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved