Headlines News :
Home » » Gempa Bakal Hancurkan Surabaya, Ini Kata BPPT

Gempa Bakal Hancurkan Surabaya, Ini Kata BPPT

Written By Info Breaking News on Sabtu, 22 Februari 2020 | 20.24



Jakarta, Info Breaking News – Menanggapi kabar burung terkait kota Surabaya yang dikatakan akan hancur akibat gempa besar, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pun angkat bicara.
Widjo Kongko, seorang peneliti senior BPPT mengatakan wilayah Surabaya dan sekitarnya memang dilewati sesar, namun dipastikan potensi gempa hanyalah salah satu faktor yang memengaruhi kerusakan.

"Sesar yang melewati Surabaya telah dipetakan dan tercantum dalam buku Gempa Pusgen (Pusat Studi Gempa Bumi Nasional) 2017 dengan potensi magnitudo 6,5. Pemetaan yang lebih detail diperlukan karena potensi kegempaan hanya salah satu faktor yang memengaruhi tingkat kerusakan," katanya saat dikonfirmasi, Sabtu (22/2/2020).

Widjo membenarkan bahwa terdapat sesar di Surabaya yang dimulai dari kawasan Keputih hingga Cerme. Kendati demikian, ketika ditanya mengenai potensi kehancuran seperti yang viral tersebar lewan pesan singkat tersebut, Widjo mengaku perlu adanya pemetaan lebih lanjut untuk mengetahui tingkat kerusakan.

Pemetaan yang dimaksud adalah jenis tanah atau batuan dasar mengingat setiap jenis tanah memiliki respons yang berbeda-beda terhadap gelombang seismik gempa.
Hal itu harus dilakukan lantaran potensi risiko di wilayah Surabaya dan sekitarnya bergantung kepada kepadatan penduduk dan aset atau bangunan yang berada di sana.
"Tetapi karena wilayah itu memang telah dipetakan dan adanya sesar, maka tentu ada pergerakan yang terus menerus," tuturnya.
Berangkat dari hal tersebut, Widjo pun mendorong dilakukannya kajian yang lebih rinci terkait daerah tersebut dan potensi-potensi yang ada oleh pemerintah daerah bekerja sama dengan berbagai pihak seperti lembaga penelitian, universitas, dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). ***Oto Geo

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved