Headlines News :
Home » » Sidang Pemakzulan Trump Mulai Digelar

Sidang Pemakzulan Trump Mulai Digelar

Written By Info Breaking News on Jumat, 17 Januari 2020 | 12.45


Washington, Info Breaking News - Sidang pemakzulan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dimulai di Senat. Para Senator AS diambil sumpahnya untuk menjadi juri yang menjunjung tinggi 'keadilan yang tidak memihak' dalam sidang pemakzulan yang akan resmi dimulai pada Selasa (21/1) pekan depan.

Seperti dilansir Associated Press dan AFP, Jumat (17/1/2020), pengambilan sumpah untuk para Senator AS ini dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung AS, John Roberts, pada Kamis (16/1) waktu setempat. Roberts akan memimpin jalannya sidang pemakzulan dan memastikan persidangan digelar dengan mematuhi aturan yang berlaku. Roberts sebagai hakim agung AS sebelumnya menegaskan bahwa hakim bukanlah politikus dan dia akan menjadi 'wasit' dalam sidang pemakzulan ini.

Dari total 100 Senator AS, satu Senator Republikan, James Inhofe, absen karena ada urusan darurat medis keluarga. Dia berjanji akan diambil sumpahnya 'tanpa penundaan' pada Selasa (21/1) mendatang.


Sementara itu Donald Trump diketahui menghabiskan waktu berlibur di resor musim dingin di Davos, Swiss saat anggota Senat diambil sumpah untuk menjadi juri sidang pemakzulan pada Kamis (16/1) waktu setempat.

Trump optimistis mayoritas Anggota Senat yang berasal dari Partai Republik akan tetap berada di pihaknya alih-alih menjatuhkannya. Komposisi senator fraksi Republik dan Demokrat saat ini adalah 53 anggota dan 47 orang.


Diduga Trump melakukan serangkaian penyalahgunaan kekuasaan dan berupaya menghalangi Kongres. Ia diduga sengaja menahan bantuan pertahanan untuk Ukraina sebesar US$391 juta pada Juli hingga September 2019. Dengan menekan Presiden Ukraina, Volodymyr Zlenskiy agar mengabulkan permintaan Trump mengusut dugaan korupsi mantan anggota dewan komisaris perusahaan energi Burisma, Hunter Biden.

Trump juga dituduh menghalangi Kongres dengan tidak memberikan akses dokumen kepada panitia khusus. Ia memerintahkan orang-orang yang dipanggil DPR untuk tidak hadir. *** Novie Koesdarman 

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved