Headlines News :
Home » » Ini Alasan Pemerintah Belum Isukan Travel Warning ke Tiongkok

Ini Alasan Pemerintah Belum Isukan Travel Warning ke Tiongkok

Written By Info Breaking News on Selasa, 28 Januari 2020 | 13.27


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Jakarta, Info Breaking News – Mewabahnya virus Corona di Wuhan, Tiongkok memaksa sejumlah maskapai penerbangan dari berbagai negara untuk menutup rute penerbangan ke kota tersebut.

Meski begitu, Indonesia menjadi salah satu negara yang hingga kini belum mengeluarkan keputusan yang sama. Hal ini dikarenakan pemerintah merasa belum perlu untuk mengeluarkan travel warning ke Tiongkok pasalnya sejauh ini hanya Wuhan yang teridentifikasi sebagai daerah yang harus dihindari. Selain itu Wuhan pun sudah diisolasi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya menjelaskan pemerintah masih menunggu rekomendasi dari badan kesehatan WHO. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pemerintah belum juga mengisukan travel warning.

"Nanti kalau WHO sudah merekomendasikan sesuatu, baru kami bersama Menkes dan Menlu akan membahas tentang kemungkinan-kemungkinan lain," katanya.

Dia mengatakan antisipasi pemerintah mengenai virus Corona untuk penduduk Tiongkok yang datang ke Indonesia masih menggunakan indikator thermal. Dia juga menyebut petugas disiapkan masker.

"Tapi ya lakukan as usual saja. Kita sebagai tuan rumah harus kooperatif," kata Budi Karya.

Meski travel warning belum diterbitkan, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) sendiri tetap mengimbau agar WNI dapat mempertimbangkan perjalanannya ke Tiongkok.

"Sifatnya lebih kepada memberikan peringatan, advice, saran kepada mereka yang ingin atau telah merencanakan atau telah merencanakan bepergian ke Tiongkok," kata Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah.

“Bagi siapapun yang ingin melakukan perjalanan ke Tiongkok diharapkan dapat mempertimbangkan kembali tujuannya dengan bijak dan tentunya terus menyaring dan melakukan update informasi secara terus menerus,” imbuh dia. ***Winda Syarief

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved