Headlines News :
Home » » Raksasa Teknologi Google dan Facebook Bakal Bangun Data Center di Indonesia

Raksasa Teknologi Google dan Facebook Bakal Bangun Data Center di Indonesia

Written By Info Breaking News on Jumat, 06 Desember 2019 | 15.21


Jakarta, Info Breaking News – Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Plate, mengatakan dua perusahaan teknologi raksasa yakni Google dan Facebook akan membangun data center (pusat data) di Indonesia.

Dalam proses pembangunannya sendiri, Johnny menjelaskan ada sejumlah faktor yang perlu diperjelas seperti lokasi dan aliran data. Tak hanya itu, pusat data yang akan dibangun nantinya juga harus mengikuti regulasi yang berlaku di negara setempat.

"Free flow data dalam negeri maupun melewati batas negara itu perlu ada protokolnya. Tapi standarnya di PBB belum ada, ini yang harus dibicarakan sama-sama," katanya.


Terkait dengan hal ini, Johnny sendiri mengaku belum tahu secara rinci kapan dan di mana data center ini akan dibangun.

"Tanya mereka, jangan tanya saya. Tapi kalau mereka sudah investasi di sini kan bagus," ungkapnya.

Sebelumnya, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan SIstem dan Transaksi Elektronik (PSTE). Peraturan ini diketahui sempat disorot karena dinilai kontroversial. Pasalnya, pada Pasal 21 Ayat 1 tertulis bahwa "Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat dapat melakukan pengelolaan, pemrosesan, dan/atau penyimpanan sistem elektronik dan data elektronik di wilayah Indonesia dan/atau di luar wilayah Indonesia".


Pasal tersebut kemudian ramai diperdebatkan lantaran dianggap bertentangan dengan kedaulatan data yang digaungkan pemerintah. ***Deviane


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved