Headlines News :
Home » » Prof. Dr. OC Kaligis Luncurkan Buku Bertajuk 'KPK Bukan Malaikat'

Prof. Dr. OC Kaligis Luncurkan Buku Bertajuk 'KPK Bukan Malaikat'

Written By Info Breaking News on Sabtu, 07 Desember 2019 | 23.46

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah ketika mengemukakan pendapatnya
dalam gelaran acara bedah buku "KPK Bukan Malaikat" karya Prof. Dr. OC. Kaligis

Bandung, Info Breaking News - Setelah melalui proses panjang akhirnya acara bedah buku ilmiah yang merupakan mahakarya Advokat karismatik Prof. Dr. OC. Kaligis, SH, MH, berhasil sukses digelar pada hari Sabtu (7/12/2019) di auditorium Lapas Sukamiskin Bandung. 

Secara khusus pada acara bedah buku ini Kaligis yang sudah menulis lebih dari pada 100 judul buku ilmiah dan hukum meluncurkan buku terbarunya berjudul "KPK BUKAN MALAIKAT" jilid 1, 2, dan 3 yang mendapat perhatian besar dari pengunjung yang memenuhi ruang auditorium lapas Sukamiskin Bandung.

Kreatifitas warga binaan semacam ini sebelumnya mendapat apresiasi dari Menkumham Yasonna Laoly sebagaimana yang diberitakan media ini sebelumnya. Namun dirasa sangat aneh justru Kakanwil Menkumham Jawa Barat, Liberti Sitinjak berupaya keras menghalang-halangi diselenggarakannya acara ini. Hal ini membuat kejengkelan banyak pihak khususnya anggota Komisi III DPR RI yang hadir, seperti Masinton Pasaribu dan Arteria Dahlan.

Sejumlah tamu undangan dari segala kalangan baik pakar hukum,
akademisi maupun teman-teman media ketika menghadiri acara bedah
buku OC Kaligis di aula Lapas Sukamiskin Bandung
Tampak berulang kali Kaligis yang sudah membuka acara di hadapan sejumlah pakar hukum, akademisi dan sejumlah wartawan ibu kota keluar masuk ruangan karena adanya panggilan. Hal ini pun membuat Arteria Dahlan menjadi berang kepada pihak Kakanwil yang dinilai arogan. Ia pun berjanji akan memanggil Menkumham untuk melaporkan perilaku anak buahnya yang dinilai bertentangan dengan pola Undang-Undang Kemasyarakatan.

“Kita sangat menyesalkan di zaman milenial ini masih ada gaya segelintir penguasa bergaya kolonial," kata Arteri Dahlan, seorang politisi PDIP yang dikenal cukup vokal.

Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu saat memberikan sambutan
Dalam acara bedah buku ini tampak hadir mantan hakim agung Qomariah dan guru besar Fakultas Hukum Unpad Bandung Prof. Dr. Panca Astawa serta sejumlah pakar hukum dan akademisi lainnya.

Kaligis di ujung acara juga mendapatkan anugerah kehormatan dari Lembaga Prestasi Indonesia sebagai Advokat atau pengacara hukum yang paling banyak menulis buku. Karya-karya buku Kaligis sendiri sampai saat ini bahkan disimpan di perpustakaan do Amerika dan sejumlah negara lain hingga di perpustakaan Lapas Sukamiskin Bandung.

Dalam kata sambutannya, Masinton Pasaribu yang merupakan anggota Komisi III DPR RI berjanji akan memberikan masukan kepada komisioner KPK terpilih yang akan  dilantik pada 21 Desember mendatang untuk melakukan audit kinerja KPK, guna mengungkap kesewenang-wenangan Novel Baswedan cs.

Perihal ini nantinya juga akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo agar beliau dapat menindak tegas sekaligus memberikan hak prerogatif Presiden  apakah melalui abulisi, amnesti atau grasi kepada sejumlah korban malpraktik OTT KPK.

Sebelumnya, mantan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah secara tegas mengatakan bahwa Lapas Sukamiskin yang kini sudah berumur 101 tahun adalah merupakan bangunan peninggalan Belanda yang dinilai paling baik dari semua Lapas yang ada di Indonesia.

Politisi PDIP Arteria Dahlan turut hadir sebagai tamu undangan
khusus acara peluncuran buku "KPK Bukan Malaikat"
“Di penjara Sukamiskin inilah lahir pidato berapi-api dari Soekarno yang kemudian melahirkan kemerdekaan republik ini. Mestinya semangat Bung Karno itulah yang tetap harus dijaga seperti acara hari ini, karena nyatanya Lapas Sukamiskin ini adalah merupakan pabrik tokoh nasional. Oleh karena itu, kita sangat menyesalkan sikap daripada Kakanwil Menkumham Jabar, Liberti Sitinjak yang sama sekali tidak sesuai dengan pola warga binaan,” tuturnya.

Mukadimah dan penutup oleh Fahri Hamzah ini membuat sejumlah warga binaan Lapas Sukamiskin Bandung seperti mantan Menteri Agama Prof. Surya Darma Ali, mantan Ketua DPR RI Setya Novanto, mantan Menteri ESDM Jero Wacik, mantan hakim Mahkamah Konstitusi Patrialis Akbar dan sejumlah warga binaan lainnya serasa disejukan. ***Irdan Ramadhan/Mil.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved