Headlines News :
Home » » Pengamat: Direksi Garuda Indonesia Harus Mencontoh Ignasius Jonan

Pengamat: Direksi Garuda Indonesia Harus Mencontoh Ignasius Jonan

Written By Info Breaking News on Minggu, 08 Desember 2019 | 18.36

Ignasius Jonan

Jakarta, Info Breaking News – Pengamat transportasi Djoko Setijowarno mengungkapkan agar para pemimpin yang kelak menempati kursi direksi PT Garuda Indonesia dapat mencontoh kinerja serta kepemimpinan Ignasius Jonan yang berhasil memajukan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

"Kepemimpinan Ignasius Jonan dalam membenahi dan memajukan PT KAI mungkin bisa ditiru oleh sosok-sosok pemimpin pengganti di direksi Garuda," ujar Djoko Setijowarno, Minggu (8/12/2019).

Bahkan, Djoko juga berharap Ignasius yang juga seorang mantan Menteri ESDM tersebut dapat ditempatkan sebagai pimpinan direksi maskapai pelat merah itu. Pasalnya, Djoko menilai kriteria sosok pemimpin yang layak ditempatkan di PT Garuda Indonesia haruslah jujur dan tidak korup.

“Kalau masih memikirkan kemewahan dirinya, jangan jadi direksi BUMN,” tegas Djoko.

Selanjutnya, Djoko menjelaskan, jika melihat perkembangan BUMN sektor transportasi maka sosok pemimpin yang diperlukan bukan kompetensi dengan ilmunya tetapi mereka yang memiliki potensi lintas kompetensi atau keahlian serta mau belajar segala hal. Hal ini berarti, sosok pemimpin direksi yang ahli dalam kompetensi finansial mau belajar hal-hal teknis penerbangan, begitu pula mereka yang jago dalam hal teknis mau belajar finansial dan bisnis penerbangan.

“Sosok pemimpin dengan potensi lintas keahlian dan mau belajar segala hal tersebut sangat diperlukan oleh Garuda Indonesia agar dapat survive dan terbang tinggi di tengah persaingan bisnis penerbangan nasional maupun internasional yang penuh gejolak,” tuturnya.

Tetapi, meski begitu Djoko mengingatkan agar perusahaan pun tidak boleh melupakan aspek pelayanan.

“Sektor transportasi itu bicara pelayanan dan juga keselamatan. Makanya kalau orang sudah bicara pelayanannya bagus maka otomatis keselamatannya juga terjamin," imbuhnya.

Pengamat transportasi tersebut lantas menilai kemajuan PT KAI bisa dijadikan contoh bagaimana BUMN tersebut setelah aspek pelayanannya mengalami peningkatan signifikan, aspek keselamatannya pun ikut meningkat terlihat dari angka kecelakaan kereta api yang menurun. Kombinasi ini yang penting. ***Raymond Sinaga

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved