Headlines News :
Home » » Pemilik Sabu 5,9 Kg Divonis 20 Tahun Penjara

Pemilik Sabu 5,9 Kg Divonis 20 Tahun Penjara

Written By Info Breaking News on Senin, 04 November 2019 | 20.10


Terdakwa kasus penyalahgunaan narkotika, Sulaiman bin Kosim
ketika menjalani persidangan di PN Jakarta Timur
Jakarta, Info Breaking News – Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur kembali menggelar persidangan kasus narkotika dengan terdakwa Sulaiman bin Kosim, Senin (4/11/2019).

Majelis hakim yang diketuai hakim Muarif, S.H. dengan anggota Tri Hadi Budi Satrio, S.H., M.H. dan Sutikna, S.H., M.H. menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara kepada Sulaiman dengan denda Rp 1 miliar subsider 1 tahun kurungan penjara dipotong masa tahanan. Vonis ini adalah sama dengan yang dituntut oleh JPU Hanri Dwi, S.H.

Yang menjadi bahan pertimbangan hakim dalam menentukan hukuman tersebut ialah perbuatan terdakwa yang terbukti telah melanggar pasal 114 ayat 2 jo pasal 111 ayat 2 UU No. 35 Tahun 2009 tentang penyalahgunaan obat terlarang.

Sulaiman diketahui menjadi pemilik, perantara serta pengedar barang haram golongan 1 sebanyak 5,9 kilogram. Ia juga diketahui telah menerima upah sebanyak Rp 1,5 juta dan Rp 40 juta.

Sulaiman yang sehari-hari berprofesi sebagai supir salah satu taksi online tersebut mengaku membawa narkotika jenis sabu dibawah tekanan. Meski begitu, majelis hakim tetap berpendapat bahwa perbuatannya sudah melawan hukum karena dirinya sudah menerima upah ketika berperan sebagai perantara.

Diketahui, terdakwa Sulaiman bin Kosim ditangkap pada tanggal 21 Februari 2019 lalu di Masjid Attin, Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur. Polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 1000 gram sabu yang dibungkus kerta berwarna coklat. Ketika diminta keterangan, Sulaiman juga mengatakan ia masih menyimpan sejumlah barang bukti lain di rumah kontrakannya. Polisi pun lalu menyita sabu sebanyak total 5 kilogram dari tas hitam yang ada di kediaman Sulaiman.   

Perbuatan terdakwa dinilai hakim sangat merusak generasi muda dan berbahaya bagi bangsa. ***Paulina

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved