Headlines News :
Home » » Menteri BUMN Erick Tohir Segera Ganti Direksi Bank Plat Merah Sesuai Instruksi Presiden Joko Widodo

Menteri BUMN Erick Tohir Segera Ganti Direksi Bank Plat Merah Sesuai Instruksi Presiden Joko Widodo

Written By Info Breaking News on Selasa, 12 November 2019 | 06.47

Jakarta, Info Breaking News - Terkait akan segera digantikannya sejumlah Dirut Bank Plat Merah, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memutuskan nama-nama Direktur Utama Bank Mandiri dan BTN. "Beliau yang mutusin semua. Jadi, BTN, Mandiri sudah diputuskan beliau," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, 11 November 2019.
Erick mengatakan hanya Inalum yang belum ditetapkan. Ia juga enggan mengungkapkan nama-nama yang telah ditetapkan Jokowi sebagai Direktur Utama Bank Mandiri dan BTN. Pengumuman rencananya akan dilakukan saat rapat umum pemegang saham (RUPS).
Erick menuturkan bahwa tak hanya dirut, jabatan lainnya juga dicek oleh Jokowi. "Bapak Presiden sudah mutusin. Pokoknya semua untuk pengangkatan direksi, komisaris, seluruhnya di-review langsung oleh Pak Presiden," kata dia.
Posisi Dirut Bank Mandiri kosong setelah Jokowi menunjuk Kartika Wirjoatmodjo sebagai Wakil Menteri BUMN. Erick sebelumnya memastikan posisi Dirut Bank Mandiri akan diisi oleh internal yang selama ini berada di perusahaan.
Menurut sejumlah sumber Tempo di Kementerian BUMN, kandidat kuat direktur utama adalah Royke Tumilaar. Dia saat ini masih menjabat sebagai Direktur Corporate Banking.
Saat pergantian Dirut Bank Mandiri 2016 lalu, nama Royke juga muncul sebagai kandidat bersama Kartika Wirjoatmodjo yang saat itu menjabat sebagai Direktur Finance and Strategy, dan Pahala N Mansury yang saat itu menjabat Direktur Treasury and Market. Namun untuk menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang mengakhiri masa tugas, akhirnya terpilih Kartika sebagai Dirut Bank Mandiri.
Adapun posisi Dirut BTN kosong terjadi usai mantan Dirut PT BRI Tbk. Suprajarto menolak keputusan RUPSLB BTN. Suprajarto seharusnya mengisi posisi tersebut menggantikan Maryono sebagai Direktur Utama sebelumnya.
Kementerian BUMN dikabarkan telah menyiapkan kandidat Dirut BTN. Salah satu kandidat terkuat adalah Pahala Nugraha Mansury yang kini menjabat Direktur Keuangan PT Pertamina. Sebelum berkarier di Pertamina, Pahala pernah menjadi Direktur Keuangan Mandiri dan Direktur Utama Garuda Indonesia. *** Emil F Simatupang.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved