Headlines News :
Home » » Kini Belgia Punya PM Wanita

Kini Belgia Punya PM Wanita

Written By Info Breaking News on Minggu, 27 Oktober 2019 | 12.49

Sophie Wilmes, PM wanita pertama sepanjang sejarah Belgia
Brussels, Info Breaking News – Setelah resmi terpilih,Sophie Wilmes pun berhasil mencatatkan namanya sebagai PM wanita pertama di Belgia.
Wanita berusia 44 tahun tersebut hadir menggantikan PM Charles Michel yang direncanakan akan diangkat menjadi presiden Dewan Eropa pada 1 Desember mendatang.
Hari Sabtu (26/10/2019), Michel yang kini masih menjabat sebagai PM itu mengatakan bahwa Wilmes masih harus dilantik oleh Raja Philippe sebelum benar-benar terpilih sebagai PM. Ia pun berharap Raja Philippe dapat segera mengumumkan pencalonan secara resmi hari ini, Minggu (27/10/2019).
Michel mengaku ia sebenarnya sudah bermaksud untuk mundur dari jabatannya “paling lambat” awal bulan November nanti.
Diketahui, Belgia sendiri belum memiliki pemerintah federal yang berfungsi penuh sejak koalisi yang dipimpin oleh Michel runtuh pada Desember 2018. Sejak saat itu, Michel tetap menduduki kursi perdana menteri sementara hingga saat ini.
Situasi politik semakin rumit dengan hasil pemilihan parlemen yang sangat terfragmentasi pada bulan Mei.
Wilmes, yang dipandang sebagai sekutu Michel dan terpilih pertama kali di parlemen pada 2014, dipilih oleh komite menteri.
Belgia memiliki reputasi dalam hal krisis politik. Pada 2010-2011, Belgia bahkan pernah beroperasi tanpa pemerintah selama 541 hari. ***Nadya












Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved