Headlines News :
Home » » Raja Salman Angkat Putranya Sebagai Menteri Energi Saudi yang Baru

Raja Salman Angkat Putranya Sebagai Menteri Energi Saudi yang Baru

Written By Info Breaking News on Senin, 09 September 2019 | 21.14



Riyadh, Info Breaking News – Raja Arab Saudi, Salman kembali mengganti Menteri Energi dengan salah satu putranya pada hari Minggu (8/9/2019) kemarin.

Ini menjadi kali kedua Saudi memecat menteri perminyakannya hanya dalam kurun waktu 3 tahun. Pergantian ini merupakan perombakan besar ketika negara terbesar OPEC itu terpukul dari harga minyak yang rendah.
Penunjukan Pangeran Abdulaziz bin Salman sebagai menteri energi yang baru menjadikannya sebagai keluarga kerajaan yang pertama yang ditugaskan untuk menangani kementerian energi yang dinilai sangat penting tersebut.
Pangeran Abdulaziz menggantikan pejabat veteran Khalid al-Falih karena pengekspor minyak mentah utama dunia mempercepat persiapan untuk daftar stok raksasa minyak milik negara, Aramco, yang diperkirakan akan menjadi yang terbesar di dunia.
“Khalid al-Falih telah dipindahkan dari posisinya. Yang Mulia Pangeran Abdulaziz bin Salman telah ditunjuk sebagai menteri energi,” kata pejabat resmi Saudi Press Agency, mengutip dekrit kerajaan.
Sejak ditunjuk sebagai menteri pada 2016 lalu, Falih telah menjadi wajah kebijakan energi Saudi. Tetapi teknokrat veteran itu memperlihatkan portofolio yang menurun dalam beberapa pekan terakhir.
Pemecatan Falih terjadi hanya beberapa hari setelah dia dipindahkan sebagai ketua Aramco dan digantikan oleh Yasir al-Rumayyan, gubernur Dana Investasi Publik kerajaan yang luas.
Kekuatan Falih berkurang bulan lalu ketika pengekspor minyak utama dunia mengumumkan pembentukan kementerian industri dan sumber daya mineral baru. Dia memisahkan kementerian industri dari kementerian energinya.
Secara luas, ada spekulasi bahwa para pejabat tinggi tidak puas dengan Falih karena harga minyak merosot menjelang penjualan saham perdana (IPO) Aramco. ***Radinal

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved