Headlines News :
Home » » KPAI Tuding Djarum Lakukan Eksploitasi Anak

KPAI Tuding Djarum Lakukan Eksploitasi Anak

Written By Info Breaking News on Selasa, 10 September 2019 | 15.40



Jakarta, Info Breaking News – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) membantah tuduhan yang menyebut pihaknya melarang audisi umum bulutangkis yang diselenggarakan oleh PB Djarum.

Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty mengatakan pihaknya hanya mengingkan agar PB Djarum menghilangkan unsur-unsur yang terkait dengan promosi rokok dihilangkan dari kegiatan yang melibatkan anak-anak tersebut. KPAI menilai anak-anak yang mengikuti audisi umum tersebut telah dieksploitasi dengan cara mempromosikan produk rokok.
"Yang dimaksud eksploitasi dalam hal ini adalah eksploitasi yang terselubung atau yang tersamarkan dimana anak-anak dijadikan papan reklame berjalan dengan menggunakan tubuh mereka. Kostum yang mereka gunakan itu adalah bagian dari upaya sebuah promosi," jelas dia.

Sebenarnya, kata Sitti, tak ada larangan untuk mempromosikan produk sponsor pada sebuah kaos tetapi karena ini zat adiktif (rokok) maka promosi tidak diperkenankan.
Sitti menyebut kegiatan audisi PB Djarum memuat upaya denormalisasi produk-produk yang berbahaya karena rokok, menurut Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Ia juga merujuk Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 bahwa kegiatan-kegiatan yang disponsori oleh rokok sebetulnya tidak boleh disiarkan secara langsung oleh media.
"Tentu format audisi ini walaupun audisinya tidak kita hentikan tapi harus melakukan penyesuaian yang baru. Atas dasar itu, maka audisi dengan bentuk yang sekarang memang akan diakhiri," tuturnya. ***Rina Triana

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved