Headlines News :
Home » » Smart SIM Siap Meluncur September 2019

Smart SIM Siap Meluncur September 2019

Written By Info Breaking News on Selasa, 27 Agustus 2019 | 14.54




Jakarta, Info Breaking News – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri siap meluncurkan kartu Surat Izin Mengemudi (SIM) pintar alias smart SIM pada bulan September mendatang.

Kabarnya, kartu yang juga berfungsi sebagai alat pembayaran elektronik tersebut akan diluncurkan bertepatan dengan Hari Lalu Lintas Bhayangkara, yakni 22 September 2019.

Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Refdi Andri menyebut jika dibandingkan dengan SIM biasa, smart SIM ini memiliki keunggulan jauh lebih banyak.

Kelebihannya, pertama, semua forensik Kepolisian ada di dalam sini (smart SIM). Jadi di dalam ada cip dengan kapasitas tertentu yang kami sediakan, sehingga, nama, tempat tanggal lahir, pekerjaan, ada pada kartu ini,” paparnya, Selasa (27/8/2019).

Kelebihan kedua, kartu smart SIM dapat mencatat pelanggaran apa saja yang dilakukan penggunanya secara online dan real time. Hal ini jelas sangat membantu Polri dalam mengevaluasi sang pengguna ke depannya.

“Tercatat secara otomatis, online dan real time. Kita juga bisa mengingatkan kalau pengemudi sudah melakukan pelanggaran-pelanggaran itu, pada saat kita melakukan evaluasi. Apakah pelanggaran ringan, sedang atau berat," tuturnya.

Selanjutnya, kartu SIM pintar ini juga bisa berfungsi sebagai kartu pembayaran atau kartu elektronik. Pengguna dapat menyimpan uang hingga maksimal Rp 2 juta dan bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di berbagai merchant, baik offline maupun online. Selain itu, kartu ini bisa juga digunakan untuk membayar tol bahkan kereta api.

“Pokoknya semua yang bisa menggunakan kartu elektronik, ini juga bisa. Kita bekerja sama dengan BNI," katanya.

Refdi melanjutkan, keunggulan yang keempat dan juga yang paling utama ialah
pada sekuriti atau pengamanannya.
"Ada beberapa kelebihan, utamanya pada keamanannya. Jadi menggunakan keamanan tingkat tinggi. Tidak bisa dipalsukan, tidak bisa dicontoh, tidak bisa dimodifikasi. Foto ada dua. Foto utama dan foto sekuritinya," jelas dia.
Penggunaan kartu smart SIM sendiri sudah diuji coba pertama kali dalam peresmian gedung Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM dan Gerai SIM Polres Bekasi, kompleks Pemkab Bekasi, Sukamahi, Cikarang Pusat, Kamis (22/8/2019) lalu. Ada tiga kartu yang dicetak dan penggunanya antara lain Refdi, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pranowo serta Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja. *** Ratu Safa.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved