Headlines News :
Home » » PN Subang Gelar Sidang Tabung Gas Ilegal

PN Subang Gelar Sidang Tabung Gas Ilegal

Written By Info Breaking News on Jumat, 30 Agustus 2019 | 10.32



Subang, Info Breaking News – Pengadilan Negeri (PN) Subang, Jawa Barat hari Rabu (28/8/2019) lalu menggelar persidangan terkait kasus tabung gas ilegal dengan terdakwa Sugiman Tinjau.

Salah satu hal yang cukup menyita perhatian dalam persidangan kemarin ialah terkait dengan penampilan sang terdakwa, Sugiman Tinjau ketika menghadiri persidangan. Alih-alih berpenampilan sopan, Sugiman datang mengenakan pakaian dengan bagian kancing yang terbuka lebar. Di lehernya menggantung kalung bertulisan visitor (tamu) pengadilan. Penampilan tersebut dinilai tak terkesan layak dikenakan oleh terdakwa. Meski begitu, nampaknya majelis hakim enggan berkomentar maupun menegor perilaku tak terpuji Sugiman yang seolah-olah tidak menghormati jalannya persidangan sehingga sejumlah pihak menilai terdakwa terkesan diistimewakan.

Sidang tersebut dipimpin oleh hakim ketua Eva Susiana, SH., MH dengan anggota Setiawati,SH MH, dengan agenda mendengarkan keterangan saksi. Jaksa Penuntut Umum (JPU) pengganti Pinos Permana, SH., MH menghadirkan hanya satu orang saksi yakni Grace Cristhine yang merupakan seorang staf notaris.

Dalam keterangannya Grace mengaku hanya disuruh oleh sang atasan untuk mengurus berkas surat milik PT Inti Tabung Persada (ITP) ke PTSP, namun tugas tersebut hanya disampaikan kepadanya melalui sebuah pesan singkat di handphone. Kepadanya diminta agar berkas tersebut segera dibereskan dan diberikan langsung kepada Sugiman.

Diketahui, dalam melakukan aksinya Sugiman Tinjau dibantu oleh oknum lain yakni H. Abdul Jannah, keduanya menjalani sidang secara terpisah dan telah diputus oleh Pengadilan Negeri Subang. Keduanya diduga pada hari Selasa, 5 Juni 2018 atau setidak-tidaknya pada suatu waktu dalam tahun 2018  lalu telah memproduksi serta mengedarkan tabung gas yang tak sesuai dengan standar di Indonesia (SNI) bertempat di Pabrik Tabung Gas PT Inti Tabung Persada di Jalan Pantura Raya RT.01/RW.05, Dusun Marga Jaya, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat atau setidak-tidaknya di suatu tempat yang masih termasuk dalam daerah hukum Pengadilan Negeri Subang.

Atas perbuatannya, mereka didakwa telah melanggar pasal 120 ayat (1)jo, pasal 53 ayat (1) huruf b UU No.3 tahun 2014 tentang Perindustrian Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP: “yang melakukan, yang menyuruh melakukan, yang turut serta melakukan perbuatan,dengan sengaja memproduksi, mengimpor, dan / atau mengedarkan barang dan / atau Jasa Industri yang tidak memenuhi SNI, spesifikasi teknis, dan /atau pedoman tata cara yang diberlakukan secara wajib dibidang industri.”

Selain itu juga mereka didakwa melanggar pasal 62  ayat (1) jo, pasal 8 ayat (1) huruf a UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP karena telah memproduksi dan/atau memperdagangkan barang dan/atau  jasa  yang  tidak  memenuhi  atau  tidak  sesuai  dengan standar yang dipersyaratkan dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dari kasus ini, sejumlah barang bukti pun berhasil diamankan. Barang-barang tersebut ialah sebagai berikut:

1 (satu) unit mesin roll besar
1 (satu) unit mesin roll kecil
2 (dua) unit mesin kupas neckring
1 (satu) unit rumah cat tabung
1 (satu) unit alat tes kebocoran
4 (empat) drum tinner
5004 (lima ribu empat) pcs handguard untuk tabung 5,5 Kg
4629 (empat ribu enam ratus dua puluh sembilan) pcs putring untuk tabung 5,5 Kg
1 (satu) unit alat pemasang valve
325 (tiga ratus dua puluh lima) pcs handguard untuk tabung 3 Kg
1250 (seribu dua ratus lima puluh ) pcs putring untuk tabung 3 Kg
30 (tiga puluh) karung neckring
15 (lima belas) kardus seal tape
7 (tujuh) palet kawat las
7 (tujuh) palet pasir las
1 (Satu) unit Handphone Merk LG Warna Hitam Dengan Nomor 0812 1370 3337 dan 0878 0870 3337

Sidang pun akhirnya ditunda dan akan kembali dilanjutkan pada tanggal 4 September 2019 mendatang dengan agenda pemeriksaan saksi Basuki Santoso yang adalah seorang pegawai Pertamina Jakarta dan saksi notaris. ***Paulina


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved