Headlines News :
Home » » Jokowi Pastikan Pemerintah Akan Terus Jaga Kehormatan Masyarakat Papua

Jokowi Pastikan Pemerintah Akan Terus Jaga Kehormatan Masyarakat Papua

Written By Info Breaking News on Selasa, 20 Agustus 2019 | 18.30


Jakarta, Info Breaking News – Menyusul aksi kekerasan yang dilakukan terhadap mahasiswa asal Papua di Jawa Timur beberapa waktu yang lalu, Presiden Joko Widodo meyakinkan bahwa pemerintah akan tetap terus menjaga kehormatan masyarakat Papua dan Papua Barat.

“Yakinlah bahwa pemerintah akan terus menjaga kehormatan dan kesejahteraan pace (bapak), mace (Ibu), mama-mama di Papua dan Papua Barat," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Senin (19/8/2019).

Jokowi mengaku dirinya memahami bahwa masyarakat Papua dan Papua Barat sangat tersinggung dengan aksi kekerasan tersebut. Meski begitu, ia berharap agar warga Papua dan Papua Barat dapat memaafkan insiden tersebut.

"Saya tahu ada ketersinggungan. Sebagai saudara sebangsa dan setanah air yang paling baik itu memaafkan. Emosi itu boleh, tapi memaafkan lebih baik, Sabar juga lebih baik,” katanya.

Sementara itu, aksi protes dilakukan oleh masyarakat di Manokwari Senin (19/8/2019) pagi waktu setempat. Masyarakat secara tegas mengecam dan memprotes aksi persekusi dan diskriminasi rasial yang dialami mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Jawa Timur.

Aksi protes itu pun kemudian berubah menjadi anarkis. Pengunjuk rasa bahkan sampai hati membakar kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Papua Barat di Jalan Siliwangi, Manokwari.

Selain itu, massa juga membakar sejumlah kendaraan bermotor dan melakukan pelemparan terhadap Kapolda Papua Barat dan Pangdam XVIII/Kasuari yang datang untuk menenangkan massa.

Dikarenakan kondisi makin memanas dan sulit untuk dikontrol, polisi terpaksa menembakkan gas air mata untuk menghentikan aksi anarkis tersebut. Kapolda, Pangdam dan Wakil Gubernur Papua Barat juga telah menemui demonstran untuk meredakan kerusuhan. Mereka berupaya melakukan negosiasi agar suasana kondusif dan kerusuhan mereda. ***Juenda

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved