Headlines News :
Home » » Belum Rilis, Film Mulan Sudah Ramai Diboikot

Belum Rilis, Film Mulan Sudah Ramai Diboikot

Written By Info Breaking News on Jumat, 16 Agustus 2019 | 14.03



Jakarta, Info Breaking News – Film live-action Disney karya Walt Disney menuai kritik dan memantik kekesalan dari massa anti-polisi pro-demokrasi di Hong Kong.

Hal tersebut terjadi usai salah satu pemeran film tersebut, Liu Yifei, menyuarakan dukungannya bagi polisi Hongkong melalui akun media sosialnya.

Memposting kepada 65 juta pengikutnya di platform media sosial China, Weibo, Liu membagikan gambar yang awalnya dirilis oleh People's Daily yang didukung pemerintah.


"Saya mendukung polisi Hong Kong, kalian dapat memukul saya sekarang. Betapa memalukan untuk Hong Kong #IAlsoSupportTheHongKongPolice," tulis wanita berusia 31 tahun tersebut.

Postingan tersebut kemudian menerima lebih dari 72.000 “like” dan telah dibagikan lebih dari 65.000 kali dalam waktu kurang dari 24 jam.

Pernyataan Liu sontak memicu protes di Hong Kong, di mana polisi setempat telah dituduh oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia internasional atas penggunaan kekuatan yang berlebihan dalam konfrontasi dengan para pengunjuk rasa dan masyarakat.


Tagar #BoycottMulan pun mulai bermunculan bahkan menjadi trending topic di Twitter dan Instagram.

Seorang pengguna Twitter dengan akun @sdnorton menulis cuitan untuk menanggapi pernyataan Liu.

"Aktris Disney, Liu Yifei, mendukung kebrutalan dan penindasan polisi di Hong Kong. Liu adalah warga negara Amerika yang dinaturalisasi. Pasti itu menyenangkan," tulisnya.

"Sementara itu dia membenci orang-orang yang memperjuangkan demokrasi, silakan me-retweet. HK tidak mendapatkan cukup dukungan. #BoycottMulan @Disney," tambahnya.


Tweet itu menjadi viral dan menerima lebih dari 3.500 retweet dan hampir 4.000 "like".

Tak hanya di Twitter, netizen pun banyak meninggalkan komentar di akun Instagram Liu. Hampir semuanya mengecam dukungannya terhadap polisi Hong Kong. Aksinya dinilai menjadi wujud "penindasan demokrasi dan kebebasan" yang dianggap melecehkan karakter Mulan. Mereka pun ramai menyerukan boikot terhadap film tersebut.

Boikot ini diprakarsai oleh pengguna Lihkg, sebuah forum diskusi online semacam Reddit yang populer di Hong Kong. Para pengguna tak hanya “menyerbu” Liu tetapi juga Disney. Mereka mengklaim sangat kecewa dengan Disney karena merekrut seseorang yang mereka yakini melegalkan kekerasan. Mereka juga menulis bahwa citra Disney akan ternoda

Liu sendiri merupakan aktris kelahiran Tiongkok. Ia pindah ke AS sejak umur 10 tahun dan akhirnya menjadi warga negara di sana. Ia kemudian kembali ke Tiongkok dan membangun karier di televisi dan film Tiongkok, termasuk bermain dalam film The Forbidden Kingdom yang dibintangi Jackie Chan dan Jet Li.

Mulan sendiri merupakan peran utamanya dalam produksi Hollywood. ***Nadya

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved