Headlines News :
Home » » Pasien Katarak di Indonesia Tembus Angka 4 Juta Jiwa

Pasien Katarak di Indonesia Tembus Angka 4 Juta Jiwa

Written By Info Breaking News on Selasa, 23 Juli 2019 | 13.42



Medan, Info Breaking News – Jumlah penderita katarak di Indonesia diperkirakan mencapai angka 4 juta dengan pertumbuhan penderita katarak 300 ribuan orang per tahun.
"Pertambahan penderita katarak di Indonesia menjadi masalah yang sangat besar. Apalagi pertumbuhan tersebut tidak sebanding dengan kemampuan dokter mata di dalam negeri melakukan operasi katarak," kata CEO Sumatera Eye Center (Smec) Group, Dr Imsyah Satari SpM. di Medan, Senin (22/7/2019).
Di Indonesia sendiri, operasi katarak hanya mampu dilakukan sebanyak 250 ribu per tahunnya. Hal ini menyebabkan terjadinya backlog atau penumpukan jumlah pasien.
Hal tersebut, kata Dr Imsyah, merupakan dampak dari keterbatasan dokter mata dan teknologi operasi katarak.
"Penumpukan jumlah pasien itu tidak terlepas dari dampak jumlah dokter mata yang masih terbatas serta teknologi operasi katarak yang masih konvensional," tuturnya.
Jumlah pasien yang cukup melambung, tak hanya di Indonesia tetapi di berbagai belahan dunia lain, akhirnya mendorong WHO untuk mencanangkan program bebas buta katarak tahun 2020.
Smec, lanjutnya, juga ikut berkomitmen untuk membantu mengurangi jumlah pasien katarak.
"Melihat jumlah penderita.katarak yang cukup tinggi itu, Smec sebagai rumah sakit mata di Indonesia berupaya ikut membantu mengurangi penderita penyakit itu," pungkas dia. ***Eva Tampubolon

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved