Headlines News :
Home » » KY Minta Publik Hormati Hakim dan Lembaga Peradilan

KY Minta Publik Hormati Hakim dan Lembaga Peradilan

Written By Info Breaking News on Selasa, 23 Juli 2019 | 13.23



Jakarta, Info Breaking News – Insiden penyerangan hakim oleh seorang oknum advokat pada hari Kamis (18/7/2019) lalu sempat banyak menyita perhatian khalayak ramai.

Sehari sesudah itu, Ketua Komisi Yudisial (KY) Jaja Ahmad Jayus pun segera menyambangi PN Jakarta Pusat guna mengklarifikasi peristiwa tersebut. Menurut Jaja, KY sangat menyayangkan aksi kekerasan yang dinilai merendahkan profesi hakim itu.
“Tindakan tersebut sebagai bentuk perbuatan merendahkan kehormatan dan keluhuran martabat hakim, serta penghinaan terhadap lembaga peradilan atau contempt of court,” ungkap Jaja, Selasa (23/7/2019).
Untuk itu Jaja meminta agar setiap pihak mampu menghormati lembaga peradilan agar marwah lembaga peradilan benar-benar terjaga dengan baik.
“KY mengimbau agar publik dapat menghormati lembaga peradilan agar marwah dan kewibawaan lembaga peradilan benar-benar terjaga dengan baik. Publik juga diminta untuk menghormati profesi hakim sekaligus putusan yang dibuat,” katanya.
Menurut Jaja, apabila terhadap sesuatu proses peradilan terdapat perbedaan pandangan, maka gunakan langkah-langkah sesuai hukum. Ke depannya ia berharap tak akan ada lagi pihak yang main hakim sendiri.
“Begitu pula apabila menemukan dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan hakim, tentunya KY menjadi tempat untuk melaporkan hakim yang bersangkutan,” tandasnya. *** Emil Simatupang. 

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved