Headlines News :
Home » » DPR Bakal Sahkan Permohonan Amnesti Baiq Nuril Hari Ini

DPR Bakal Sahkan Permohonan Amnesti Baiq Nuril Hari Ini

Written By Info Breaking News on Kamis, 25 Juli 2019 | 11.47

Baiq Nuril menangis ketika menghadiri rapat pleno Komisi III DPR RI hari Rabu (24/7/2019) kemarin

Jakarta, Info Breaking News – DPR dikabarkan akan mengesahkan persetujuan amnesti untuk Baiq Nuril dalam sidang paripurna yang digelar hari ini, Kamis (24/7/2019).

Sebelumnya, DPR memberi lampu hijau untuk permohonan amnesti yang diajukan Nuril. Ketua Komisi III DPR Azis Syamsuddin menyebut pemberian amnesti ini telah disetujui oleh enam dari 10 fraksi di DPR, yakni fraksi PDIP, PAN, Gerindra, Golkar, PKS dan Demokrat. Nantinya, usai disahkan di paripurna keputusan tersebut akan diberikan kepada Presiden Jokowi.

"Perlu kami sampaikan bahwa Komisi III DPR RI telah melakukan pleno dan alhamdulilah kepada saudari Nuril telah diputus dan diberi pandangan dari 10 fraksi dan dihadiri enam fraksi secara aklamasi dapat memberikan pertimbangan kepada presiden untuk dapat diberikan amnesti kepada saudari Nuril," kata Azis dalam rapat pleno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/7/2019) kemarin.

Sebelum memutuskan ini, Komisi III mendengarkan pandangan dari Menkumham Yasonna H Laoly yang juga menginginkan Baiq Nuril diberikan amnesti dengan alasan dalam undang-undang tidak spesifik menyebutkan bahwa amnesti hanya bisa diberikan pada kasus kejahatan politik saja. Pemberian amnesti itu sesuai dengan nawacita Presiden Jokowi.

Disetujuinya amnesti ini membuat Baiq Nuril selangkah lebih dekat untuk mendapatkan keadilan.

Sebelumnya, Baiq Nuril yang juga hadir dalam rapat pleno kemarin terlihat tak kuasa membendung rasa terimakasihnya. Nuril yang sempat mendengarkan pernyataan Menkumham Yasonna H Laoly yang mendukung pemberian amnesti itu spontan berteriak dari balkon ruang rapat.

“Terima kasih Pak Menteri!!!” teriak Baiq Nuril.

Di kesempatan yang sama, Joko Jumadi selaku kuasa hukum Baiq Nuril juga bersyukur Komisi III menyetujui pertimbangan amnesti untuk kliennya. Dia berharap kasus ini bisa jadi pelajaran khususnya dalam kasus kekerasan terhadap perempuan.

"Perjuangan yang cukup panjang dan melelahkan akhirnya ada hasil yang luar biasa. Dan mudah-mudahan momentum ini bisa jadi momen perlindungan terhadap perempuan khususnya dalam kekerasan seksual," ucap Joko. ***Nadya

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved