Headlines News :
Home » » 3 Nama Jenderal Polisi Ini Dinilai IPW Paling Berpotensi Rebut Kursi Capim KPK

3 Nama Jenderal Polisi Ini Dinilai IPW Paling Berpotensi Rebut Kursi Capim KPK

Written By Info Breaking News on Selasa, 23 Juli 2019 | 21.22

Ketua Presidium IPW Neta Pane

Jakarta, Info Breaking News – Keikutsertaan 13 orang jenderal polisi dalam perebutan kursi Calon Pimpinan (Capim) KPK periode ini dinilai menarik untuk dicermati.

Meski begitu, sangat disayangkan bahwa dari ke-13 jenderal polisi yang ‘bertarung’ hanya ada tiga sosok yang dinilai paling berpotensi untuk lolos uji kepatutan di DPR.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW), Neta Pane. Menurut Neta, tiga orang yang berpotensi tersebut ialah Irjen Darma Parengkun, Irjen Antam dan Irjen Firlin.

“Darma dan Antam adalah figur jenderal yang belum pernah menjadi Kapolda, sehingga bebas dari kemungkinan komplain masyarakat di daerah. Sedangkan Firli pernah bertugas di KPK sehingga sangat paham dengan dinamika yang terjadi di lembaga anti rasuha itu,”ungkap Neta Pane, Selasa (23/7/2019).

Dalam proses seleksi capim KPK kali ini, Neta menyebut pihaknya akan berfokus pada lima hal, yakni banyaknya jenderal polisi yang ikut seleksi, ikutnya tiga petahana pimpinan KPK dalam seleksi, dugaan hadirnya para oknum “pencari kerja”yang ikut seleksi, adanya simpatisan partai politik ikut dalam seleksi dan mencermati kemungkinan figur figur radikal menyusup dalam proses seleksi capim KPK.

“Banyaknya jenderal polisi yang ikut seleksi capim KPK menunjukkan betapa strategisnya lembaga anti rasuah ini bagi insan kepolisian. Padahal, di Polri sendiri ada direktorat tindak pidana korupsi yang bisa menjadi tempat mereka mengabdi dan berkiprah,” tuturnya.

Meski begitu, IPW berharap agar Pansel dapat menseleksi dengan baik tiap figur jenderal kepolisian yang ikut serta dalam seleksi karena menurutnya bukan tak mungkin aka nada muncul polemik baik dari tempat mereka bertugas dahulu maupun sekarang

“Untuk itu, Pansel perlu mencari informasi ke tempat mereka pernah bertugas, terutama saat mereka menjabat sebagai Kapolda agar tidak terjadi salah pilih dalam proses selanjutnya,” pungkasnya.

Lebih lanjut Neta juga tak lupa menyatakan apresiasinya atas kinerja Pansel KPK yang telah bekerja cepat menyeleksi 376 pendaftar hingga menetapkan 104 capim KPK untuk ikut tahap selanjutnya, yakni tahap psikotes. ***Candra Wibawanti

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved