Headlines News :
Home » » Terungkap! Ini Rahasia Sukses Jack Ma

Terungkap! Ini Rahasia Sukses Jack Ma

Written By Info Breaking News on Rabu, 22 Mei 2019 | 17.09

Jack Ma


Jakarta, Info Breaking News – Keberhasilan Jack Ma sebagai pendiri salah satu perusahaan bisnis e-commerce terbesar di dunia memang tak perlu lagi dipertanyakan.

Dengan usahanya, pria berusia 54 tahun tersebut berhasil meraup kekayaan sebesar 36,5 miliar dollas AS atau sekitar Rp 589 triliun.

Meski dinilai hebat dan sangat sukses, Jack Ma mengaku ia sebenarnya tak memiliki keterampilan teknis maupun berbisnis.

Diketahui pria asal Tiongkok ini memang tak pernah bercita-cita jadi seorang pebisnis. Ia hanya ingin menjadi guru.

Ia bahkan tak ingin menyentuh computer mengingat harga komputer di negerinya sangat mahal.

"Jika saya merusaknya, saya tidak bisa membayar, ”kata Ma.

Namun, dengan bantuan dari sang teman akhirnya Ma pun terbiasa menggunakan komputer. Suatu saat ia pun berusaha mencari informasi tentang Cina namun tak ada satu pun data yang muncul. Berangkat dari hal itu, Jack Ma pun memiliki ide untuk membuat sesuatu tentang Cina dan dari situ lah lahir Alibaba.

Lantas, apa yang menjadi rahasia di balik kesuksesan seorang Jack Ma?

Ia menjelaskan meskipun dirinya kurang memiliki keterampilan teknis, namun seiring dengan berkembangnya perusahaan ia mulai belajar memahami karakteristik manusia.

“Segala yang kami lakukan sebagai pendiri adalah membuat pelanggan senang dan membuat tim bahagia. Maka kamu akan bahagia,” kata Ma.

“Saya kenal manusia. Saya dilatih untuk menjadi guru. Sebagai seorang guru, kamu ingin siswa lebih baik dari kamu. Produk terbaik Anda adalah siswa Anda," imbuhnya.

Keahlian tersebut, menurut Ma, dinilai sangat membantu untuk menginspirasi serta mendorong kinerja positif karyawannya yang pada akhirnya membuahkan kesuksesan besar bagi perusahaan.

“Anda harus mendengarkan mereka. Anda harus melakukan semua hal untuk memastikan Anda dapat memberdayakan mereka," tuturnya.

Jack Ma juga menyarankan agar kita lebih peduli terhadap manusia dan mendorong kerjasama tim agar dapat berkolaborasi dengan baik.

"Saya percaya semakin Anda peduli dengan tim Anda, tim akan peduli pada Anda dan pada pelanggan mereka," katanya.

Jack Ma juga selalu menyarankan kepada semua karyawannya agar selalu membuat pelanggan bahagia.

"Saya berbicara dengan semua karyawan agar jangan membuatku bahagia, jangan mencintaiku. Buat pelanggan Anda bahagia, buat pelanggan mencintaimu, dan aku juga akan mencintaimu," pungkas dia. ***Nadya

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved