Headlines News :
Home » » Korut Kering Kerontang, Puluhan Juta Warga Dilanda Bencana Kelaparan

Korut Kering Kerontang, Puluhan Juta Warga Dilanda Bencana Kelaparan

Written By Info Breaking News on Kamis, 16 Mei 2019 | 19.55



Pyongyang, Info Breaking News – Setidaknya terdapat 10 juta warga negara Korea Utara (Korut) yang dipercaya akan menghadapi ancaman kekurangan pangan.
Kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA) menjelaskan saat ini negaranya tengah dilanda kekeringan hebat. Curah hujan dalam lima bulan terakhir pun sangat rendah, yakni rata-rata 54,4 milimeter curah. Itu artinya curah hujan tersebut merupakan tingkat terendah sejak 1982, saat Korut mengalami kekeringan dengan curah hujan rata-rata 51,2 milimeter.
Pada Februari 2019, Duta Besar Korut untuk PBB, Kim Song, mengeluarkan permohonan yang tidak biasa untuk bantuan pangan.
Sementara itu, para petinggi Korut sendiri menyalahkan kekurangan pangan kepada cuaca buruk dan sanksi-sanksi ekonomi internasional yang diperketat setelah negara itu menggelar serangkaian uji nuklir dan senjata dalam beberapa tahun terakhir.
Dalam pertemuan Februari lalu, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menolak seruan pemimpin Korut Kim Jong-un untuk melonggarkan sanksi sebagai imbalan atas pembongkaran kompleks utama nuklir.
KCNA menyebut kekeringan akan terus berlanjut hingga akhir Mei 2019. Oleh karena itu, para pejabat dan pekerja kini tengah bekerja keras untuk menemukan sumber-sumber air baru serta memobilisasi pompa-poma dan peralatan irigasi untuk meminimalisasi kerusakan kepada pertanian.
Bencana kelaparan tahun ini bukan yang pertama kalinya terjadi di Korut. Pada pertengahan tahun 1990-an Korut juga pernah dilanda kelaparan hebat yang menewaskan ratusan ribu rakyatnya. Laporan pasti mengenai hal itu tidak pernah terpublikasi karena ketertutupan negara komunis itu. ***Nadya

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved