Headlines News :
Home » » Survei Denny JA: Wong Cilik Mantap Pilih Jokowi-Ma'ruf Amin

Survei Denny JA: Wong Cilik Mantap Pilih Jokowi-Ma'ruf Amin

Written By Info Breaking News on Selasa, 19 Maret 2019 | 15.22

Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo - Ma'ruf Amin
Jakarta, Info Breaking News – Dalam survei terakhir yang dirilis Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA hari ini, Selasa (19/3/2019), mayoritas responden “wong cilik” mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin.

Kategori wong cilik sendiri merujuk kepada warga negara Indonesia dengan tingkat pendapatan per bulan di bawah Rp 2 juta.

"Jokowi-Ma'ruf unggul telak di kantong suara wong cilik," ujar seorang peneliti LSI, Ikram Masloman.

Proses survei LSI sendiri berjalan dari tanggal 18-25 Februari 2019 dan menggunakan metode wawancara tatap muka dengan 1.200 responden.

Dari total seluruh responden, 49,8 persen di antaranya tergolong dalam kategori wong cilik.
Dalam proses pengambilan data, selain wawancara, peneliti menggunakan simulasi surat suara.

Dari penelitian tersebut, 63,7 persen responden menyatakan mendukung Jokowi-Ma'ruf. Sementara, 27,4 persen responden wong cilik mendukung pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Kemudian, ada 0,3 persen suara tidak sah dan 8,6 persen yang menyatakan rahasia atau tidak ingin menjawab.

Populer di Kalangan Wong Cilik

Ikram secara lanjut menjelaskan dari hasil tracking survei dalam kurun waktu sejak Agustus 2018 hingga Februari 2019, nama pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin selalu unggul di segmen pemilih wong cilik. Keunggulan tersebut, kata Ikram, stabil rata-rata di atas 25 persen.

Penelitiannya sendiri menggunakan metode multistage random sampling, dengan melibatkan 1.200 responden. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka dan menggunakan kuesioner dengan margin of error lebih kurang 2,9 persen.

Peneliti menggunakan dana corporate social responsibility (CSR) internal dalam penelitian. Adapun, sumber dana tersebut berasal dari keuntungan jasa konsultan yang dilakukan di bidang politik. ***Rina Triana


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved