Headlines News :
Home » » Survei CSIS: Jokowi-Ma'ruf Unggul di Pulau Jawa

Survei CSIS: Jokowi-Ma'ruf Unggul di Pulau Jawa

Written By Info Breaking News on Kamis, 28 Maret 2019 | 14.36



Jakarta, Info Breaking News – Berdasarkan hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Centre for Strategic and International Studies (CSIS), pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin dinyatakan unggul di seluruh Jawa, bahkan termasuk di Jawa Barat dan Banten yang selama ini kerap dianggap sebagai basis suara paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga.

Hasil survei yang baru saja dirilis di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Pusathari ini (28/3/2019) tersebut menyebutkan bahwa di Jateng dan Yogyakarta, paslon Jokowi-Ma’ruf dipilih oleh 70% responden sedangkan Prabowo-Sandi hanya 13,9%. Sisa responden sebesar 16,1% tidak menjawab. Sedangkan di Jawa Timur sebanyak 49,1% responden memilih Jokowi-Ma’ruf dan 23,1% Prabowo-Sandi.
Di wilayah lainnya, agregat antarkedua calon juga cukup signifikan. Di Maluku dan Papua, paslon nomor urut 01 dipilih oleh 58,6% responden sedangkan Prabowo-Sandi hanya 27,1%. Demikian juga di NTB, NTT, dan Bali, Jokowi-Ma’ruf memperoleh 66,3% dibanding lawannya yang hanya mendapat 24,8%.
Keunggulan paslon Jokowi-Ma’ruf Amin pun berlanjut hingga pulau Kalimantan, dimana keduanya dipilih oleh 64,6% responden sedangkan Prabowo-Sandi hanya 33,8%.
Dalam survei ini, Jokowi Maruf hanya kalah di Sumatera lantaran pasangan Prabowo-Sandi meraup 49,6% dukungan responden sedangkan Jokowi-Ma’ruf hanya 37,3%.
Sementara itu, di wilayah Jawa Barat dan Banten yang selama ini disebut-sebut menjadi basis suara pasangan Prabowo-Sandi, paslon 01 justru unggul tipis yakni 47,4% berbanding 42,1%. Demikian juga DKI Jakarta, Jokowi-Ma’ruf Amin unggul 38,8% berbanding 30%. ***Winda Syarief

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved