Headlines News :
Home » » Banjir Keluhan Server UTBK Down Karena Tidak Dikelolah Secara Profesional

Banjir Keluhan Server UTBK Down Karena Tidak Dikelolah Secara Profesional

Written By Info Breaking News on Senin, 04 Maret 2019 | 10.00

Jakarta, info Breaking News - Dinilai tidak profesinal sehingga server Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang sempat dibuka sejak pekan lalu itu mendapat banyak sorotankarena besarnya jumlah calon peserta yang mencoba mendaftar secara online, tetapi justru sangat kesulitan masuknya akibat server yang abal abal diguanakan oleh pihak panitia penyelenggara pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2019 itu.
Mustinya belajat dari pengalaman tahun lalu yang juga terkendala server yang down akibat besarnya peserta yang berlomba untuk bisa masuk, kekuatan server yang mumpuni sesuai dengan anggaran yang cukup besar yang diberikan pemerintah, sudah harus diantispasi sejak awal oleh panitia penyelenggara UTBK 2019.
Akibatnya situs sempat ditutup dengan alasan akan diperbaiki, tapi kemudian dibuka kembali sejak pagi pukul 8 Senin 4 Maret 2019 ini, juga masih dikeluhkan oleh banyak calon peserta karena sulitnya menembus masuk kesitus UTBK.
Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo mengatakan, hal itu berdasarkan evaluasi yang dilakukan sejak awal pembukaan pada Jumat (1/3) lalu. Pendaftaran akan dimulai kembali pada Senin (4/3) pagi tadi.
“Pendaftaran UTBK LTMPT sementara DITUTUP dan akan dibuka lagi hari Senin, 4 Maret 2019 pukul 08.00 WIB,” ujarnya melalui surat pengumuman nomor 05/peng.LTMPT/2019 yang diterima jajran redaksi berbagai media online.
Hasil evaluasi kemarin, Budi menuturkan, ditemukan sejumlah kendala terkait identitas siswa. Selain itu, juga permasalahan sistem pembayaran.
“Sejak dibuka dari 1 Maret 2019 sampai dengan 2 Maret 2019 pukul 12.00 WIB, ternyata masih ditemui beberapa kendala. Di antaranya permasalahan NPSN dan NISN, dan sistem pembayaran H2H (Host to Host) ke Bank mitra LTMPT,” terang dia.
Dengan demikian, bagi peserta yang sudah terlanjur mencetak kartu peserta namun belum membayar, diharap melakukan log in kembali untuk menyelesaikan pembayarannya.
“Waktu pendaftaran UTBK Gelombang I masih cukup panjang sampai dengan 24 Maret 2019. Mohon maaf atas ketidaknyamanan dalam proses pendaftaran UTBK,” papar Budi.
Sebagaimana diketahui, mulai 2019, UTBK menjadi salah satu syarat calon mahasiswa baru sebelum mendaftar SBMPTN.
Para peserta diperbolehkan mengukuti tes maksimum dua kali dengan syarat mendaftar pada gelombang pertama dan gelombang kedua di laman https://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id.
Adapun pendaftaran UTBK gelombang pertama yaitu 1-24 Maret dengan waktu pelaksanaan tes pada 13 April-4 Mei 2019.
Kemudian, pendaftaran UTBK gelombang kedua dilakukan mulai 25 Maret-1 April dan tesnya akan dilaksanakan pada 11 Mei – 26 Mei 2019. 
Pihak terkait sudah waktunya melakukan investigasi sehingga diketahui apakah memang pihak penyelenggra UTBK 2019 ini kurang bijak dan masih terus melakukan hal yang salah sehingga tidak mampu menyediakan fasilitas server yang strong, atau memang pola kerjanya abal abal karena otak berpikirnya sudah lemot dan tak mengerti dunia internet. Masih terus dimonitoring. *** Armen Foster S.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved