Headlines News :
Home » » Tips Liburan ke Luar Negeri dengan Budget Terbatas

Tips Liburan ke Luar Negeri dengan Budget Terbatas

Written By Infobreakingnews on Sabtu, 02 Februari 2019 | 17.05




Jakarta, Info Breaking News – Dalam merencanakan perjalanan, kita seringkali dihadapkan pada sejumlah biaya yang cukup mahal, terutama jika destinasi wisata yang kita kunjungi berada di luar negeri.

Berbagai biaya serta sejumlah kebutuhan selama travelling bukan tidak mungkin akan menguras dompet.

Namun, jangan khawatir. Meski budget terbatas, liburan ke luar negeri masih mungkin dilakukan asal para travellers mengerti tips dan triknya. Untuk itu, sangat penting untuk memiliki sebuah rencana perjalanan yang matang terlebih dahulu, sebelum akhirnya berbagai kebutuhan lainnya Anda upayakan dengan baik.

Saat akan menyusun rencana travelling dengan budget terbatas, pertimbangkan beberapa hal di bawah ini yang dapat dilakukan untuk membuat perjalanan liburan Anda tetap menyenangkan:

Pemilihan Waktu yang Tepat

Saat merencanakan perjalanan ke luar negeri, pemilihan waktu yang tepat akan sangat membantu karena hal ini akan berkaitan langsung dengan jumlah biaya yang dibutuhkan selama perjalanan.

Sangat dianjurkan untuk memilih melakukan perjalanan di low season, dimana harga tiket pesawat serta harga penginapan relatif lebih terjangkau. Pada waktu-waktu seperti ini  Anda akan bisa melakukan perjalanan dengan biaya yang sangat hemat, sehingga biaya perjalanan Anda bisa ditekan dengan baik.

Hindari bepergian saat high season, jika tau mau membayar mahal, baik itu untuk pembelian tiket, sewa penginapan, dan bahkan biaya untuk memasuki berbagai destinasi wisata di sana nantinya.

Jangan salah, jumlah perbedaan harga di antara kedua musim ini terbilang cukup besar, sehingga sangat tepat jika telah mempertimbangkan sejak awal. Pilih waktu travelling di luar musim liburan, sehingga perjalanan liburan tersebut bisa dilakukan dengan uang terbatas.

Kunjungi Negara Bebas Visa

Pertimbangkanlah destinasi wisata luar negeri yang membebaskan visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI), seperti contohnya negara-negara di ASEAN.

Selain pilihan beberapa negara ASEAN, Anda juga dapat mempertimbangkan perjalanan ke beberapa negara lainnya yang telah bebas visa bagi kunjungan WNI. Maroko, Macau, dan Hongkong adalah pilihan negara bebas visa lainnya yang dapat dipertimbangkan. Negara seperti Jepang pun sudah memberlakukan bebas visa bagi WNI pengguna paspor elektronik (e-passport).

Mengapa bebas visa? Karena biaya visa untuk sejumlah destinasi, terutama jika berencana mengunjungi beberapa negara sekaligus dalam satu kali perjalanan travelling akan membutuhkan biaya yang cukup besar.

Serbu Promo Tiket Murah

Cara satu ini mungkin menjadi salah satu hal yang paling populer dilakukan para travellers. Sejumlah maskapai penerbangan sangat gencar mengadakan promosi, salah satunya dengan cara menebar tiket promo dengan harga yang sangat terjangkau.

Bukan hanya destinasi dalam negeri saja, namun tiket promo ini juga banyak diberikan untuk pilihan berbagai destinasi penerbangan luar negeri, manfaatkan hal ini dengan baik. 

Pada umumnya, tiket promo akan dijual sejak jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan, sehingga harus mempersiapkan jadwal dan juga dana untuk membeli tiket ini sejak awal.

Cari informasi yang akurat mengenai hal ini lewat internet dengan cara mengunjungi situs resmi maskapai yang bersangkutan, atau dapat juga membuka situs travel agent besar lainnya yang dapat dipercaya. Jangan lupa untuk mempersiapkan jadwal dan juga dananya sejak awal, agar perburuan tiket murah dapat berjalan dengan lancar.

Pilih Penginapan yang Murah

Selain tiket perjalanan, biaya penginapan juga menjadi salah satu komponen terbesar dalam pengeluaran liburan. Penting bagi Anda untuk mempersiapkan hal ini dengan baik.
Tak hanya tiket pesawat, biaya penginapan pun bisa melonjak cukup tinggi pada saat musim liburan. Oleh karena itu, travellers sangat dianjurkan untuk memesan penginapan sejak jauh-jauh hari.

Tidak harus selalu yang mahal dan mewah, bisa juga menginap di hotel yang murah dan memiliki standar kualitas yang layak. Ada banyak pilihan hotel yang bisa Anda pertimbangkan.

Rajinlah mengunjungi website penyedia jasa penginapan karena tidak jarang mereka juga melakukan promo tertentu bagi para penggunanya.

Hindari untuk memilih hotel yang lokasinya berdekatan dengan kawasan wisata, sebab harganya akan jauh lebih mahal. Ada baiknya Anda memilih hotel yang terletak sedikit jauh dari keramaian dan juga lokasi wisata, namun masih dekat dengan fasilitas angkutan publik, sehingga akan lebih mudah untuk bepergian dan menemukan berbagai kebutuhan selama di sana.

Gunakan Transportasi Publik

Selama berada di luar negeri, ada baiknya Anda menggunakan transportasi publik, seperti kereta atau bis. Selain biayanya yang terjangkau, Anda juga mendapatkan kesempatan untuk lebih mengenal dekat kebiasaan penduduk lokal.

Upayakan untuk menghafal dan mencari tahu mengenai jadwal operasi mode transportasi publik di kawasan yang Anda kunjungi, sehingga bisa berangkat dan kembali lagi ke penginapan dengan aman dan biaya yang murah.

Bepergian dengan menggunakan taksi selama berada di luar negeri akan sangat menguras kantong. Jadi, lebih baik gunakan alat transportasi umum selama berada di luar negeri.

Makan dan Belanja Hemat

Selama berada di luar negeri, Anda tentu akan membutuhkan asupan gizi yang baik, agar perjalanan tetap berjalan lancar dan menyenangkan. Namun, hindarilah untuk makan di kafe/restoran yang banyak dikunjungi oleh pendatang seperti Anda (turis), sebab harga yang akan Anda bayarkan untuk makan di sana juga akan cukup mahal.

Jika melakukan perjalanan dengan uang yang terbatas, maka pilihan untuk makan di warung biasa yang banyak dikunjungi oleh warga lokal bisa dipertimbangkan. Pada umumnya, warung / rumah makan yang ramai dikunjungi oleh warga lokal akan memiliki rasa yang enak dan harga yang cukup bersahabat, termasuk untuk turis.

Selain makanan, kegiatan belanja juga menjadi hal yang patut Anda siasati dengan baik. Hindari membeli barang termasuk oleh-oleh dalam jumlah yang cukup banyak, belilah secukupnya agar bisa berhemat. Cermati setiap barang yang dibeli, sebab bisa saja harganya bahkan lebih murah ketika membelinya di dalam negeri.

Jelajahi Satu Kawasan Saja

Saat berkunjung ke beberapa wilayah di negara yang cukup luas, Anda mungkin akan membutuhkan biaya transportasi dan lainnya yang cukup besar. Hindari untuk melakukan hal ini, sebab akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk melakukannya.

Pilih berbagai destinasi wisata yang berada di satu wilayah saja, misalnya di provinsi yang sama, sehingga bisa bepergian dengan mudah dan menghemat sejumlah biaya transportasi yang cukup besar tersebut.

Sesuaikan Budget Anda dengan Perjalanan

Biaya menjadi hal utama yang akan Anda pertimbangkan ketika berencana untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Namun jika dipersiapkan dengan matang sejak awal, maka berbagai biaya ini dapat ditekan dan dihemat dengan efisien.

Susun rencana perjalanan sejak jauh-jauh hari agar memungkinkan Anda untuk lebih leluasa memilih jadwal serta sejumlah hal lain yang dibutuhkan.

Terakhir, jangan lupa untuk menyesuaikan keuangan dengan rencana perjalanan tersebut, agar perjalanan tetap lancar dan menyenangkan. ***Nadya

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved