Headlines News :
Home » » Ratusan Akun Facebook Dihapus Karena Sebarkan Hoaks

Ratusan Akun Facebook Dihapus Karena Sebarkan Hoaks

Written By Info Breaking News on Jumat, 01 Februari 2019 | 16.13


Jakarta, Info Breaking News – Ratusan akun Facebook, Instagram serta Page (halaman) dihapus karena terbukti menyebarkan berita palsu atau hoaks.

Keseluruh halaman serta akun tersebut, menurut Facebook, memiliki keterkaitan dengan Saracen, yang tak lain adalah kelompok yang menggunakan ribuan akun berbeda dengan tujuan menyebarkan kebencian.

Dari ratusan halaman, grup dan akun yang dihapus tersebut, semuanya menyebarkan berita yang merujuk pada halaman kelompok Saracen.

Secara keseluruhan, ada 207 halaman, 800 akun Facebook, 546 grup dan 208 akun Instagram yang dihapus, termasuk akun milik Permadi Arya alias Abu Janda.

"Seluruh halaman, akun, dan grup ini memiliki hubungan dengan Saracen-grup sindikasi online di Indonesia," ungkap Nathaniel Gleicher, Head of Cybersecurity Policy melalui sebuah keterangan resmi.

"Penyalahgunaan platform yang dilakukan oleh Saracen dengan memakai akun yang tidak otentik adalah pelanggaran terhadap kebijakan kami, dan karena itulah kami menghapus seluruh jaringan organisasi tersebut dari platform," imbuhnya.

Dilaporkan oleh Newsroom Facebook, Jumat (1/2/2019), seluruh halaman, akun, dan grup tersebut dihapus karena pola dan perilaku mereka, bukan karena konten yang diposting melalui akunnya. 

Facebook menyebut setidaknya terdapat 170.000 orang mengikuti satu dari halaman Facebook ini, dan lebih dari 65.000 orang mengikuti setidaknya salah satu dari akun Instagram tersebut.

"Dalam kasus ini, orang-orang yang berada di balik aktivitas ini berkoordinasi satu sama lain dan menggunakan akun palsu untuk menggambarkan identitas yang tidak otentik, dan hal ini yang menjadi dasar dari tindakan yang kami lakukan," pungkas Facebook.

Namun, Facebook tidak membeberkan daftar lengkap halaman, akun maupun grup yang telah mereka hapus tetapi hanya memberi sejumlah contoh halaman dan grup saja.
Berikut ini adalah beberapa contoh halaman dan grup yang dihapus:

  1. Permadi Arya (halaman)
  2. Kata Warga (halaman)
  3. Darknet ID (halaman)
  4. Berita hari ini (Grup)
  5. AC Milan indo (Grup)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved