Headlines News :
Home » » Mulai Stabil, Status Gunung Sinabung Akan Diturunkan

Mulai Stabil, Status Gunung Sinabung Akan Diturunkan

Written By Info Breaking News on Rabu, 13 Februari 2019 | 16.44

Gunung Sinabung

Medan, Info Breaking News – Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) kini tengah mengadakan evaluasi terkait penurunan status Gunung Sinabung dari level IV (awas) menjadi level III (siaga).

Proses evaluasi tersebut dijalankan mengingat gunung yang meletus sejak tahun 2010 lalu kini terpantau mulai stabil.

"Terhitung dua hari menjelang lebaran di tahun 2018 kemarin, dan sampai saat ini, aktivitas Gunung Sinabung tidak pernah erupsi lagi. Saat ini, kondisi Sinabung sangat tenang, dan tidak memperlihatkan tanda-tanda yang lain," ungkap Kepala Pos PGA Sinabung, Armen Putra, Rabu (13/2/2019).
Meski begitu, ia tetap mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan tetap menjauhi zona berbahaya. Sehingga, bila hal yang tidak diinginkan terjadi atas aktivitas Gunung Sinabung, maka masyarakat tidak terimbas atas kejadian tersebut.
"Masyarakat maupun wisatawan tidak boleh melakukan aktivitas di dalam radius 3 kilometer (Km) dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan-Tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara-Timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor Utara-Timur Sinabung," katanya.
Aktivitas Gunung Sinabung sendiri dinilai tidak dapat diprediksi. Bukan tidak mungkin gunung merapi setinggi 2.460 meter tersebut secara tiba-tiba akan erupsi lagi. Oleh karena itu, petugas selalu memantau aktivitas Sinabung yang sudah banyak merenggut korban jiwa tersebut. ***Eva Tampubolon

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved