Headlines News :
Home » » Kini Buka WhatsApp Bisa Gunakan Wajah atau Sidik Jari

Kini Buka WhatsApp Bisa Gunakan Wajah atau Sidik Jari

Written By Info Breaking News on Rabu, 06 Februari 2019 | 20.43


Jakarta, Info Breaking News – Meski masih berupa versi beta, WhatsApp akhirnya meluncurkan fitur biometrik terbaru bagi para penggunanya.

Fitur terbaru itu memungkinkan para pengguna untuk mengunci serta membuka aplikasi WhatsApp mereka dengan menggunakan wajah maupun sidik jari.

Data biometrik pengguna dipastikan akan terjamin kerahasiaannya, dengan dienkripsi dan disimpan di sisi perangkat, bukan di server WhatsApp.

Meski begitu, pihak WhatsApp sendiri menyebut fitur terbaru miliknya ini baru dapat dinikmati bagi mereka pemilik smartphone berbasis iOS.

Nantinya, setelah pengguna memperbarui WhatsApp ke versi terbaru, pengguna iPhone bakal bisa menggunakan fitur Touch ID ( tersedia pada iPhone 8 dan ke bawah) atau Face ID yang tersemat di jajaran iPhone X, XS, XS Max serta XR untuk mengunci dan membuka WhatsApp.

Langkah pengoperasiannya pun cukup mudah.  Pertama, pengguna harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur ini di menu "Privacy" WhatsApp. Caranya hanya cukup dengan mengunjungi menu Settings> Account>Privacy. Namun, sebelumnya pastikan Anda telah memperbarui WhatsApp ke versi 2.19.20.19 melalui App Store.  

Cara aktifkan fitur biometrik pada aplikasi WhatsApp (Technology News)
Selanjutnya, pada halaman "Privacy", pilih menu "Screen Lock". Pada tampilan ini, pengguna bakal disodorkan opsi untuk mengaktifkan fitur Face ID atau Touch ID, berdasarkan fitur yang ada di masing-masing perangkat.

Setelah itu, Anda hanya perlu mengaktifkan toggle "Require Face ID" atau "Require Touch ID". Pengguna juga bisa mengatur jangka waktu bagi WhatsApp untuk mengunci aplikasi secara otomatis. 

Durasi penguncian WhatsApp bisa diatur mulai dari "Immediately", yang berarti terkunci seketika jika pengguna meninggalkan aplikasi WhatsApp, hingga waktu 1 jam.

Setelah WhatsApp terkunci pada waktu yang telah ditentukan, pengguna diharuskan melakukan pemindaian Face ID atau Touch ID untuk membukanya kembali. Jika pengguna tak bisa membuka aplikasi WhatsApp melalui Face ID atau Touch ID (pemindaian gagal), pengguna WhatsApp diharuskan memasukkan passcode iPhone mereka.

Meski fitur ini sedang diaktifkan, pengguna tetap dapat membalas pesan serta menjawab telepon WhatsApp dari notifikasi di "Lock Screen", tanpa harus membuka aplikasinya terlebih dahulu.

 Meski sudah meluncur di platform iOS, fitur biometrik serupa untuk Android dikabarkan tengah dalam tahap pengembangan. ***Shinta Dewi

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved