Headlines News :
Home » » Karena Bencana Alam, Pemerintah Gagal Capai Target Wisatawan Asing

Karena Bencana Alam, Pemerintah Gagal Capai Target Wisatawan Asing

Written By Info Breaking News on Jumat, 01 Februari 2019 | 14.20

Wisatawan asing terlihat meninggalkan Lombok pasca gempa

Jakarta, Info Breaking News – Tahun 2018 lalu, pemerintah menargetkan 17 juta wisatawan asing. Namun, target tersebut tak mampu dicapai lantaran Indonesia banyak dilanda bencana alam belakangan ini.

Sepanjang tahun 2018, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) hanya mencapai angka 15,81 juta jiwa. Meski begitu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto menilai pencapaian tersebut sudah cukup baik.

Jumlah wisman tahun lalu naik 12,58%, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya (14,04 juta). Jika dilihat pertumbuhan wisman per bulan (month to month atau mtm), pada Desember 2018 mencapai 1,41 juta jiwa, atau mengalami peningkatan sebesar 21,43% dari November.
“Perkembangan turis pada Desember bagus, tembus 1,4 juta jiwa atau naik 22%. Namun, kenapa masih di bawah target, ya kita harus ingat bencana yang terjadi luar biasa, di Bali, Lombok, Palu bagaimana pun itu berpengaruh. Itu menimbulkan sedikit kekhawatiran apakah Indonesia aman atau tidak. Itu menjadi hambatan mengapa tidak mencapai target,” jelas Suhariyanto, Jumat (1/2/2019).
Suhariyanto berharap di tahun ini sektor pariwisata Indonesia akan lebih baik. Ia pun berpesan agar pemerintah lebih memperhatikan tak hanya wisman, melainkan juga wisatawan domestik karena mereka juga memberi andil yang cukup besar dalam sektor pariwisata.
“Dengan melihat perkembangan 12,5 persen itu sudah bagus. Ke depan perlu memberi perhatian ke wisatawan Nusantara. Itu potensi luar biasa dan pengeluarannya jauh lebih besar. Pasti pergi ke mana-mana beli oleh-oleh tak hanya buat keluarga, tetapi juga tetangganya,” pungkas dia. ***Winda Syarief

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Featured Advertisement

Music Video

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved