Headlines News :
Home » » BNPB: Gempa di Malang Tak Berpotensi Merusak

BNPB: Gempa di Malang Tak Berpotensi Merusak

Written By Info Breaking News on Selasa, 19 Februari 2019 | 12.32



Jakarta, Info Breaking News – Pada pukul 02.30 WIB dini hari tadi, Kabupaten Malang, Jawa Timur diguncang gempa berkekuatan 5,9 skala richter (SR).

Meski begitu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan gempa dengan kedalaman 10 kilometer tersebut tidak berdampak merusak dan tidak berpotensi tsunami.

"Posko BNPB telah melakukan konfirmasi dampak gempa ke beberapa BPBD yang merasakan guncangan gempa," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. 

Gempa hari ini, kata Sutopo, dirasakan dang selama 3-4 detik di Kabupaten Malang, dirasakan kuat selama 4-5 detik di Kota Malang, dirasakan kuat selama 5 detik di Kabupaten Lumajang, dirasakan sedang selama 3-4 detik di Kabupaten Blitar, dirasakan sedang selama 3-4 detik di Kota Batu dan gempa tidak dirasakan di Provinsi Bali.

Lebih lanjut, Sutopo menjelaskan belum ada laporan dampak akibat kejadian gempa tersebut. Tidak ada korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa.

"Sebagian masyarakat melakukan respons dengan keluar rumah saat merasakan guncangan gempa. Kondisi masyarakat normal dan beraktivitas seperti biasa," ujar dia.

Hingga kini, Sutopo mengatakan pihaknya masih melakukan pendataan di lapangan serta berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan kecamatan. Ia juga mengimbau masyarakat agar selalu waspada. Ia juga meminta agar warga tak termakan oleh isu-isu menyesatkan karena hingga saat ini belum ada negara dan iptek yang mampu memprediksi gempa secara pasti kapan, di mana, kekuatannya, lokasi detil, dan lainnya.

"Kita tinggal di negara yang rawan gempa sudah sepantasnya selalu meningkatkan kewaspadaan menghadapi gempa. Kita harus harmoni dengan alam yang ada. Gempa adalah selalu terjadi. Pada tahun 2017 terjadi gempa kecil hingga besar sekitar 6.000 gempa sedangkan pada 2018 terjadi lebih dari 11.000 kali kejadian gempa," tuturnya. ***Raymond Sinaga

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved