Headlines News :
Home » » Waspada Kelelahan Bekerja Mengancam Keselamatan Karyawan

Waspada Kelelahan Bekerja Mengancam Keselamatan Karyawan

Written By Infobreakingnews on Minggu, 13 Januari 2019 | 14.36



Jakarta, Info Breaking News – Kelelahan bisa menjadi ancaman tersendiri bagi para karyawan di semua tempat bekerja.

Kelelahan dalam bekerja tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya tubuh yang lelah akan berdampak pada menurunnya daya pikir serta konsentrasi yang nantinya akan berisiko menimbulkan kecelakaan kerja.

Dalam sebuah penelitian bertajuk Fatigue in Safety-Critical Industries: Impact, Risks and Recommendations yang dirilis oleh the National Safety Council (NSC) disebutkan 90 persen karyawan merasakan kelelahan akibat pola kerja pada organisasi mereka.

Masih dalam laporan tersebut, sebanyak 72 persen pekerja mengakui bahwa kelelahan dalam bekerja berpotensi membahayakan keselamatan mereka dalam bekerja.

"Kami telah melihat dampak kelelahan di tempat kerja kami untuk waktu yang lama. Hal itu sangat menjadi masalah, betapa terpengaruhnya industri yang sensitif terhadap keselamatan kami,” tutur Emily Whitcomb, Senior Program Manager of Fatigue Initiatives di NSC, seperti dikutip dari Cos-Mag.

“Ketika Anda lelah, Anda berisiko meninggal karena keselamatan bekerja terancam. Kami mendesak pengusaha untuk mengatasi risiko kelelahan di tempat kerja mereka sehingga semua karyawan bisa sehat dan aman,” imbuhnya.

Jika tidak disikapi dengan serius, kelelahan bisa menjadi bencana. Dampaknya dapat terlihat dimulai dari terjadinya kesalahan-kesalan kecil yang tidak terduga.

"Misalnya, kesalahan di lokasi konstruksi, di sekitar area penggalian saluran gas, atau di belakang kemudi truk-truk besar. Satu kesalahan kecil saja bisa menyebabkan cedera atau bahkan kematian," katanya.

Laporan tersebut juga memaparkan bahwa 97 persen pekerja di industri transportasi merasakan dampak kelelahan, 100 persen pekerja konstruksi melaporkan memiliki satu faktor risiko akibat kelelahan dan 46 persen pekerja konstruksi mengatakan mereka bekerja berjam-jam dalam risiko tinggi.

Melihat risiko yang mengancam kesehatan, kelelahan tak bisa diabaikan. Jika Anda salah satu yang sering merasa lelah, sebaiknya segera diatasi dengan berkonsultasi dengan dokter serta memulai gaya hidup sehat.

Istirahat yang cukup, rutin berolahraga, kurangi stres, dan mencukupi kebutuhan tubuh akan nutrisi penting dilakukan untuk memerangi rasa lelah berkelanjutan. Untuk memenuhi nutrisi harian, Anda diwajibkan mengkonsumsi jenis makanan yang kaya akan serat, protein, kalsium, dan vitamin, sehingga produktivitas pun dapat meningkat.

Ingat, jangan anggap remeh kelelahan dalam bekerja jika tidak ingin celaka. ***Jeremy

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved