Headlines News :
Home » » Travelling Bareng Si Kecil Bisa Bantu Kembangkan Kecerdasannya

Travelling Bareng Si Kecil Bisa Bantu Kembangkan Kecerdasannya

Written By Info Breaking News on Senin, 07 Januari 2019 | 17.02



Jakarta, Info Breaking News – Mengajak si kecil bepergian ternyata dapat membantu orangtua merangsang kecerdasan sang buah hati.
Berdasarkan riset Parent-Paly Survey dari Playmobil UK, 65% orangtua hanya kadang-kadang bermain bersama anaknya. Lebih lanjut, penelitian tersebut juga mengungkapkan kalau satu dari enam orangtua mengaku tidak tahu bagaimana caranya bermain dengan anak-anak mereka. Untuk mengatasi masalah tersebut, traveling pun kemudian disebut sebagai jalan keluarnya.
Tidak hanya untuk mencairkan komunikasi dalam keluarga, dari hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Jaak Panksepp di tahun 2016, traveling bersama keluarga juga dapat meningkatkan perkembangan otak pada anak-anak. Pasalnya, bepergian dapat memicu perkembangan dua sistem di dalam otak yang tertanam dalam area limbik otak secara sekaligus, yaitu, Play System dan Seeking System dimana keduanya tak akan berkembang jika hanya diam di rumah.
Play System di dalam otak bisa dipicu dengan cara bermain pasir, berenang, atau kuda-kudaan sedangkan Seeking System di dalam otak hanya akan berkembang kalau anak-anak diajak untuk mengekplorasi tempat-tempat baru, seperti berpetualang ke hutan, pantai, atau keliling ke sisi perkampungan yang belum pernah dilihatnya. Untuk itu, dengan bepergian bersama-sama maka orangtua secara otomatis membantu mengembangkan Seeking System sang anak.
Penelitian tersebut didukung juga oleh tim riset Jeffrey Burgdorf pada tahun 2010 silam yang menyimpulkan bahwa anak dari keluarga yang rutin bepergian pertumbuhan otak di bagian lobus frontalnya menjadi lebih matang mengingat bagian otak tersebut memang terlibat dalam fungsi kognitif, kecerdasan sosial, dan konsentrasi. ***Candra Wibawanti

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Music Video

Iklan Pilihan

Berita Terpopuler

 
Copyright © 2012. Berita Investigasi, Kriminal dan Hukum Media Online Digital Life - All Rights Reserved